Kompas.com - 25/05/2013, 09:13 WIB
EditorReza Wahyudi
Opera

KOMPAS.com  Opera for Android adalah peramban internet (browser) pertama dari Opera yang dikembangkan dengan framework WebKit (Chromium) sehingga diklaim memudahkan pengembang aplikasi (developer) web dalam mengoptimalisasi situsnya bagi browser ini.

Namun, bukan itu saja yang ditawarkan oleh Opera for Android. Pembuatnya pun menyematkan beberapa keunggulan yang membedakannya dari browser pesaing. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya berdasarkan rangkuman Kompas Tekno dalam acara temu media dengan Opera di Jakarta, Jumat (24/5/2013).

1. Mode Off-Road. Ini adalah fitur kompresi data yang disebut bisa menghemat pemakaian kuota internet untuk browsing hingga 90 persen.

Saat diaktifkan, Opera for Android akan mengakses data web yang telah dikompresi terlebih dahulu dari server milik Opera. Alhasil, smartphone hanya perlu menarik data dalam jumlah lebih kecil dibandingkan koneksi langsung sehingga mengurangi konsumsi data sekaligus mempercepat proses loading.

Metode tersebut mirip dengan "Turbo Mode" pada browser Opera Mini dengan konsekuensi degradasi kualitas tampilan file gambar karena proses kompresi.

Pengguna Opera for Android juga bisa mengaktifkan fitur Auto text-wrapping yang akan memampatkan teks halaman web dalam satu tampilan jendela sehingga pengguna tak perlu melakukan scrolling horizontal. 

screenshot oleh oik yusuf/ kompas.com Tampilan opsi mode "Off-Road" (kiri) dan "Private Browsing" (kanan) pada browser Opera for Android

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.