Remaja 18 Tahun Ciptakan Baterai "30 Detik"

Kompas.com - 25/05/2013, 17:26 WIB
EditorReza Wahyudi

Dokumentasi Intel Eesha Khare

KOMPAS.com - Butuh waktu setidaknya satu jam untuk mengisi daya baterai ponsel modern sekarang ini. Seorang remaja putri 18 tahun berhasil menciptakan teknologi yang kelak bisa membuat daya baterai ponsel terisi penuh hanya dalam setengah menit atau 30 detik.

Remaja itu adalah Eesha Khare, seorang keturunan India-Amerika. Ia membuat sebuah alat super-kapasitor yang menggunakan struktur nano khusus. Khare menjelaskan, alat tersebut berfungsi penyimpan energi dalam jumlah besar meskipun ruangnya kecil.

Nah, jika alat ini dijadikan sebagai salah satu komponen baterai ponsel, maka ia dapat mengisi penuh daya baterai ponsel tersebut dalam waktu 20 atau 30 detik. "Hal ini dapat mengisi daya sangat cepat, dan dapat bertahan selama 10.000 siklus. Jauh dibandingkan dengan 1.000 siklus baterai biasa," terang Khare, seperti dikutip dari Mashable, Kamis (23/5/2013).

Selain baterai ponsel, alat yang dikembangkan Khare juga bisa dipakai dalam perangkat elektronik lain seperti komputer jinjing atau kendaraan listrik.

Atas temuannya ini, Khare menjadi pemenang Intel International Science and Engineering Fair 2013 pada 17 Mei 2013 lalu, di Phoenix, Arizona, AS, dan memenangkan uang tunai 50.000 dollar AS. Ia berhasil menyingkirkan 1.600 finalis dari 70 negara.

Siswa dari Lynbrook High School, San Jose, California, ini mengaku akan terus melakukan penelitian ilmiah.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X