Kompas.com - 26/05/2013, 14:59 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Aditya Panji/KompasTekno Apple MacBook Pro

KOMPAS.com — Apple akan memindahkan lokasi perakitan komputer pribadi Mac dari China ke Texas, Amerika Serikat. CEO Apple Tim Cook mengatakan sedang menyiapkan sebuah pabrik di Texas untuk lini produk Mac.

"Kami menginvestasikan 100 juta dollar AS untuk membangun lini produk Mac di sini, di AS," ujar Cook seperti dikutip dari AllThingsD. "Produk ini akan dirakit di Texas, termasuk komponen yang dibuat di Illinois dan Florida, dan bergantung pada peralatan yang diproduksi di Kentucky dan Michigan."

Langkah ini akan membuat pajak yang ditanggung Apple menjadi lebih rendah untuk produk Mac. Dalam lini produk Mac, Apple kini memiliki komputer all-in-one iMac serta komputer jinjing MacBook Pro dan MacBook Air.

Apple belum mengungkapkan mitra pemanufaktur yang akan merakit Mac di Texas.

Namun, mitra pemanufaktur Apple di China, yakni Foxconn, ternyata juga memiliki pabrik di Texas. Baru-baru ini Foxconn mengatakan akan memperluas operasional manufakturnya di Amerika Serikat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang tidak disebutkan namanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.