Kompas.com - 04/06/2013, 14:15 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Seorang analis dari perusahaan Wedbush Securities, Michael Pachter, memprediksi bahwa harga konsol game terbaru milik Microsoft, Xbox One, akan sedikit lebih tinggi dari PlayStation 4 (PS4), konsol game milik pesaingnya, Sony.

Sekadar catatan, baik Sony maupun Microsot memang belum membeberkan harga dari masing-masing produk tersebut.

Dikutip dari Cnet, Selasa (4/6/2013), diprediksi, harga Xbox One akan mencapai 399 dollar AS. Harga ini 50 dollar AS lebih tinggi dari PS4 yang diduga akan dijual dengan harga 349 dollar AS.

Adapun harga konsol ini diprediksi berdasarkan harga komponen dan spesifikasi hardware yang dibutuhkan untuk membuat masing-masing konsol.

Harga kedua konsol ini memang terlihat cukup tinggi. Namun, Pachter menduga, Microsoft dan Sony akan menawarkan berbagai subsidi harga untuk menekan harga konsol.

Xbox One memiliki kemampuan untuk menonton siaran televisi, kabel dan operator televisi satelit mungkin akan menawarkan diskon sebagai ganti dari kontrak tahunan. Xbox One juga banyak bergantung terhadap koneksi internet. Oleh karena itu, penyedia layanan internet mungkin bisa menawarkan diskon. Terakhir, Microsoft mungkin menawarkan diskon sebagai ganti pendaftaran layanan berbayar Xbox Live Gold.

Dari sisi Sony, PS4 memang tidak memiliki begitu banyak kesempatan untuk harga subsidi. Namun, Sony juga bisa memberikan diskon apabila penggunanya sudah membeli layanan berbayar PlayStation Network. Ada kemungkinan juga, Sony menambahkan fitur multimedia mirip Xbox One, seperti tv berlangganan, di masa depan, yang memungkinkan perusahaan asal Jepang ini untuk menawarkan harga subsidi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami menduga bahwa banyak fungsi multimedia yang ditampilkan di peluncuran Xbox One dapat diaplikasikan oleh Sony tahun depan atau melalui update firmware," tulis Pachter.

Lebih lanjut, Pachter memprediksi bahwa ketiga pembuat konsol terbesar, Nintendo, Sony, dan Microsoft, akan memotong harga konsol generasi sebelumnya. Microsoft dan Sony akan memotong harga Xbox 360 dan PS3 sebesar 50 dollar AS atau lebih, sedangkan Nintendo Wii akan dipangkas harganya mencapai sekitar 100 dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.