Kompas.com - 25/06/2013, 11:19 WIB
EditorReza Wahyudi

Huawei Ascend P6

KOMPAS.com - Di tengah gempuran ponsel berwarna hitam dan putih, ternyata casing dengan balutan warna merah jambu (pink) memiliki banyak penggemar di pasaran. Huawei, vendor ponsel asal China, mengklaim bahwa pink merupakan "sukses kejutan" di sektor smartphone.

"Ponsel (berwarna) pink tradisional selalu berbuat baik (dalam hal penjualan)", kata Nick Woodley, Head of ID Design Huawei Inggris kepada situs TrustedReviews, Senin (24/6/2013).

Woodley sendiri sebenarnya tidak memiliki alasan yang jelas di balik popularitas perangkat portable dengan warna pink. Namun, menurutnya, warna pink sebenarnya melawan prinsip desain dari smartphone modern masa kini.

"Smartphone sebenarnya ada sebuah peraturan umum bahwa perangkat itu sendiri harus sesederhana dan senetral mungkin sehingga jika seseorang ingin menaruh casing Hello Kitty di perangkat tersebut, keduanya tidak "bentrok", Anda mengizinkan orang untuk mengubah tampilan menggunakan aksesori," ujarnya.

"Namun, ada permintaan yang tinggi untuk ponsel dengan warna pink, untuk beberapa alasan, mereka berhasil," tambah Woodley.

Banyak yang menyebut bahwa smartphone warna pink merupakan langkah sexist untuk menarik pasaran wanita saja. Woodley tidak setuju dengan anggapan tersebut. Menurutnya, pink tidak lebih dari sekadar alternatif untuk warna putih dan hitam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jika ada wanita yang menemukan warna pink terlalu menggurui, dia akan membeli warna hitam atau putih," lanjut Woodley.

Huawei sendiri baru saja meluncurkan smartphone tertipis di dunia saat ini, Ascend P6. Produk yang satu ini, selain hadir dalam warna hitam dan putih, juga diluncurkan dalam edisi warna pink.

Produk yang satu ini memiliki spesifikasi hardware prosesor quad-core 1,5GHz, kamera belakang 8 megapiksel, kamera 5 megapiksel di bagian depan, RAM 2GB, penyimpanan internal 8GB, baterai 2.000mAh, dan berjalan di sistem operasi 4.2.2 Jelly Bean.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.