Berapa "Nilai" Setiap Pelanggan BlackBerry?

Kompas.com - 06/07/2013, 20:01 WIB
BlackBerry Q10 (Wicak Hidayat/KompasTekno)BlackBerry Q10
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Salah satu informasi kurang menggembirakan yang diungkap oleh BlackBerry dalam laporan keuangan minggu lalu adalah jumlah pelanggan yang merosot sebanyak 4 juta menjadi 72 juta pada kuartal pertama 2013.


Nah, "nilai" dari tiap pelanggan tersebut ternyata juga sudah menurun tajam dibandingkan masa-masa kejayaan BlackBerry beberapa tahun lalu.

Hal tersebut diungkapkan oleh analis lembaga riset Asymco Horace Dediu, yang membagi nilai perusahaan BlackBerry (di luar kas bersih) yang sebesar 2,8 miliar dollar AS dengan jumlah pelanggan keseluruhan.

Dari situ, seperti dilansir oleh BGR, didapatkan nilai 40 dollar AS per pengguna. Angka tersebut jauh lebih kecil dibandingkan tahun 2010, dengan tiap pengguna BlackBerry bernilai 866 dollar AS.

Adapun nilai kapitalisasi pasar BlackBerry saat ini mencapai kisaran 5,4 juta dollar AS.

Pengguna BlackBerry secara global mencapai puncaknya pada September 2012, yaitu sebesar 80 juta. Sejak itu hingga sekarang, jumlahnya terus menurun.

Tony Bradley dari Forbes memperkirakan keadaan BlackBery akan terus memburuk berkenaan dengan basis pengguna produsen asal Kanada tersebut.

"Di samping konsumen yang memang sudah 'terkunci' di dalam ekosistem BlackBerry, angka permintaan untuk produk-produknya hanya sedikit," tulis Bradley.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi para konsumen ini, lanjut Bradley, BlackBerry Z10 adalah produk yang akhirnya bisa mendudukkan posisi BlackBerry menjadi setara dengan iPhone dan smartphone premium dari Android dan Windows Phone. "Tapi begitu semua konsumen BlackBerry sudah membeli perangkat baru, maka tak ada lagi tempat untuk menjual produk BlackBerry."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Forbes,BGR

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.