Kompas.com - 23/09/2013, 10:04 WIB
Mike Lazaridis, pendiri dan mantan CEO BlackBerry Eric Risberg/APMike Lazaridis, pendiri dan mantan CEO BlackBerry
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - BlackBerry sedang mempertimbangkan beberapa langkah strategis untuk menentukan masa depannya, termasuk pilihan menjual perusahaan. Kini, BlackBerry sedang aktif mencari pembeli potensial, dan sang pendiri, Mike Lazaridis, dikabarkan juga berniat membelinya.

Lazaridis yang pernah menjabat sebagai CEO BlackBerry, dilaporkan sedang mendekati beberapa perusahaan ekuitas swasta untuk menawar BlackBerry. The New York Times melaporkan, Lazaridis secara khusus mengulurkan tangan kepada Blackstone Group dan Carlyle Group, untuk menyusun tawaran tersebut.

Lazaridis mengundurkan diri sebagai CEO BlackBerry pada Januari 2012, dan akhirnya benar-benar meninggalkan perusahaan pada Maret 2013.

Tetapi, Lazaridis masih menjadi salah satu pemegang saham individu terbesar di BlackBerry. Posisi inilah yang menguntungkan Lazaridis untuk secara pribadi maju menawar BlackBerry.

Ia merupakan salah satu orang yang bertanggung jawab atas keterpurukan BlackBerry di masa kini. Para investor akhirnya mendesak Lazaridis dan co-CEO Jim Balsillie untuk turun dari jabatan, karena dianggap tak mampu membawa perubahan berarti.

Lazaridis akhirnya meninggalkan posisi CEO demi kelangsungan hidup perusahaan yang ia dirikan pada 1984 silam. Posisi CEO di BlackBerry selanjutnya diduduki oleh seorang berkebangsaan Jerman, Thorsten Heins.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X