Kompas.com - 02/10/2013, 12:08 WIB
Bill Gates AFPBill Gates
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Di tengah pencarian CEO baru Microsoft untuk menggantikan Steve Ballmer, sebagian kecil pemegang saham Microsoft meminta Bill Gates untuk mundur. Ini merupakan pertama kalinya investor membidik Gates, salah seorang yang paling dihormati dan berpengaruh dalam industri teknologi.

Permintaan ini diajukan oleh 3 dari 20 pemegang saham. Sumber Reuters tidak membeberkan nama jelas ketiga investor itu.

Gates merupakan pendiri dan mantan CEO Microsoft. Ia pemegang saham individu terbesar di Microsoft, yang memiliki sekitar 4,5 persen dari 277 miliar dollar AS saham perusahaan.

Ketiga investor itu khawatir peran Gates sebagai chairman akan menghambat penerapan strategi baru dan akan membatasi kekuasaan CEO baru Microsoft untuk melakukan perubahan signifikan. Mereka juga khawatir Gates terlalu lama menghabiskan waktunya di salah satu posisi tertinggi di Microsoft.

Namun, menurut laporan Reuters, sejauh ini tidak ada indikasi dewan direksi akan memperhatikan usulan ketiga investor tersebut.

Gates turun dari jabatan CEO Microsoft dan memercayakan perusahaan itu dipimpin oleh Steve Ballmer pada tahun 2000. Sejak saat itu, Gates fokus pada yayasan Bill & Melinda Gates Foundation yang kerap melakukan aksi-aksi kemanusiaan.

Pada Agustus 2013, Ballmer mengatakan akan pensiun dalam waktu 12 bulan mendatang. Kini, Microsoft sedang mencari CEO baru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kim Caughey Forrest, analis senior di Fort Pitt Capital Group, berpendapat bahwa sekarang bukan saat yang tepat meminta Gates mundur dari Microsoft. Sebaliknya, Gates akan memainkan peran besar untuk pencarian CEO baru.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.