Kompas.com - 11/10/2013, 14:22 WIB
Kartu Grafis AMD Radeon R7 260X AMDKartu Grafis AMD Radeon R7 260X
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Radeon R7 adalah keluarga kartu grafis AMD yang diperkenalkan akhir September lalu. Produk-produk yang mengusung sejumlah chip berlabel "R7" itu pun kini akan bersiap memasuki pasaran Indonesia.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Kompas Tekno dari pihak AMD Indonesia, seri Radeon baru tersebut akan mulai tiba di Tanah Air paling cepat pada akhir Oktober melalui sejumlah produsen kartu grafis rekanan AMD. Boleh Jadi, mereka sudah bisa dibeli konsumen pada November mendatang.

Produk-produk yang dijadwalkan pertama kali "mendarat" datang dari kelas menengah-bawah, yaitu Radeon R7 240, R7 250, dan R7 260X.

Dari ketiganya, Radeon R7 260X menduduki posisi tertinggi. Kartu grafis yang kisaran harganya dipatok di angka 139 dollar AS ini mengusung core "Bonaire" yang dipersenjatai 896 stream processor dengan kecepatan core hingga 1,1 GHz. Chip itu dipasangkan dengan memori GDDR5 128-bit berkapasitas 2 GB.

Meski mengusung desain dasar yang sama dengan Radeon HD 7790, Radeon R7 260X turut meminjam sejumlah fitur yang hanya tersedia untuk seri Radeon R9 290 (Hawaii), termasuk dukungan teknologi AMD TrueAudio secara native (dalam bentuk core DSP terintegrasi) dan sistem manajemen daya yang sama dengan milik kartu grafis kelas atas tersebut.

Adapun Radeon R7 250 dan R7 240 diposisikan untuk segmen pasar yang lebih rendah, harga kisaran masing-masingnya dipatok pada angka 89 dan 69 dollar AS.

Belum diketahui kapan seri kartu grafis baru lainnya dari AMD -yaitu Radeon R9 280X dan Radeon R9 270X- akan memasuki pasaran Indonesia. AMD sendiri belum merilis informasi resmi mengenai kartu grafis teratas dalam keluarga ini, Radeon R9 290X.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.