Kompas.com - 13/11/2013, 12:06 WIB
Maskot Android KitKat Dokumentasi Sundar Pichai, kepala produk Android dan Chrome, via Google Maskot Android KitKat
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Para pemilik tablet Nexus 7 dan Nexus 10 mulai hari ini, Rabu (13/11/2013), sudah dapat mengunduh Android versi terbaru, 4.4 atau KitKat secara over the air (OTA). Melalui akun resmi Android di Google+, Google mengumumkan secara resmi ketersediaan sistem operasi ini di dua seri tablet tersebut.

Untuk sementara ini, hanya Nexus 7 versi WiFi saja yang mendapatkan pembaruan sistem operasi ini. Google belum mengumumkan, kapan Nexus 7 versi seluler akan mendapatkan update ini. Google hanya memberikan label "segera".

Smartphone Nexus 4 juga baru mendapatkan status "segera" untuk masalah update sistem operasi tersebut.

Android KitKat untuk pertama kalinya hadir di perangkat Nexus 5. Dikutip dari The Next Web, perangkat pertama yang akan mendapatkan update tersebut adalah seri Nexus, baru kemudian diikuti oleh perangkat Android lainnya secara bertahapa.

Motorola, HTC, dan Sony beberapa waktu lalu sudah menyatakan komitmennya untuk menghadirkan KitKat di perangkat besutan masing-masing.

Google mengklaim KitKat mampu menghadirkan pengalaman yang "lebih cerdas dan mendalam". Google meningkatkan kemampuan multitasksing, menambahkan fitur pedometer built-in, dan juga merubah tampilan pengiriman pesan teks di Android 4.4 ini.

Google punya misi membawa KitKat ke satu miliar pengguna Android berikutnya melalui perangkat yang dirilis pada 2014 mendatang. Untuk merealisasikan hal tersebut, Google merancang KitKat agar dapat berjalan di ponsel yang memakai RAM 512 MB.

Sistem operasi terbaru ini juga diintegrasikan dengan bisnis utama Google, yakni mesin pencari. Ia mendukung pencarian dengan suara yang diklaim 25 persen lebih akurat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.