Kompas.com - 14/12/2013, 09:31 WIB
Logo YouTube Logo YouTube
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Google mengakuisisi YouTube pada 2006 dengan nilai fantastis, yaitu 1,65 miliar dollar AS. Saat ini, YouTube menjadi salah satu lumbung uang bagi Google.

Namun, Google tidak pernah mengungkapkan secara pasti berapa keuntungan yang didapat dari iklan di YouTube. Beberapa lembaga analis pun mencoba membuat perhitungan mereka sendiri.

Analisis terbaru muncul dari lembaga eMarketer yang memublikasikan perkiraan keuntungan iklan YouTube. Lembaga tersebut memprediksi pendapatan kotor YouTube meningkat 51 persen menjadi 5,6 miliar dollar AS di tahun 2013 ini.

Setelah YouTube membayar rekanan dan pembuat video, maka pendapatannya akan menjadi sekitar 1,96 miliar dollar AS tahun ini. Angka tersebut naik 65,5 persen dibanding pencapaian YouTube di 2012 dengan keuntungan bersih 1,18 miliar dollar AS.

Menurut eMarketer, seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (11/12/2013), pihaknya menggunakan ratusan studi dan datapoint tentang keuntungan YouTube, ad impressions, jumlah pengguna, dan faktor-faktor lain yang dikumpulkan oleh firma penelitian, investasi bank, laporan perusahaan serta hasil wawancara dengan eksekutif industri di bidang ini.

Sementara itu, lembaga riset lain, Wedge Partners, mengklaim bahwa YouTube menyumbang 10 persen pendapatan Google. Angka tersebut tidak jauh meleset dari perkiraan eMarketer.

Dengan patokan pencapaian kuartal empat YouTube adalah sama dengan rata-rata tiga kuartal sebelumnya, maka jumlah totalnya hingga akhir tahun adalah 5,73 miliar dollar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, semua itu masih berupa perkiraan, dan Google tampaknya tidak akan mengumumkan angka yang sebenarnya. Tampaknya pengeluaran Google sebesar 1,65 miliar dollar AS untuk membeli YouTube mulai terbayar di 2013 ini.

Layanan YouTube kini memiliki 1 miliar penonton di seluruh dunia, dengan waktu rata-rata yang mereka habiskan di YouTube mencapai 6 miliar jam per bulan. Delapan puluh persen penonton berasal dari luar Amerika Serikat, dan sekitar 40 persennya berasal dari pengguna perangkat mobile.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.