Kompas.com - 18/01/2014, 09:00 WIB
Manajer Senior Pemasaran Produk AMD Adam Kozak dalam acara peluncuran prosesor AMD Kaveri di Jakarta, Jumat (17/1/2014) oik yusuf/ kompas.comManajer Senior Pemasaran Produk AMD Adam Kozak dalam acara peluncuran prosesor AMD Kaveri di Jakarta, Jumat (17/1/2014)
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Bersama dengan kemunculan kartu Grafis baru seri "Hawaii" pada September 2013 lalu, AMD turut memperkenalkan Application Programing Interface khusus untuk kartu grafis Radeon bernama Mantle.

Mantle adalah antarmuka software serupa dengan Direct X yang umum dipakai oleh game PC masa kini. Bedanya, Mantle yang dirancang khusus untuk GPU Radeon milik AMD diklaim sanggup menghasilkan kinerja game lebih tnggi, tentu apabila digunakan dengan GPU Radeon yang mendukung teknologi tersebut.

Ketika berbicara dalam acara peluncuran prosesor AMD Kaveri di Jakarta, Jumat (17/1/2014) kemarin, Manajer Senior Pemasaran Produk AMD Adam Kozak menjelaskan bahwa peningkatan kinerja game yang dihasilkan melalui pemakaian API Mantle bervariasi.

"Kalau digunakan pada GPU Radeon yang terintegrasi pada chip Kaveri, peningkatannya berkisar antara 10-12 persen. Di GPU seri high-end seperti Radeon R9 290X, bisa mencapai lebih dari 40 persen," jelas Adam.

Adam melanjutkan bahwa kecepatan GPU Radeon yang dipakai pengguna turut mempengaruhi besarnya kinerja ekstra yang dihasilkan. Semakin cepat atau semakin tinggi serinya, maka semakin kencang pula Mantle mengakselerasi game.

Yang perlu dicatat, Mantle hanya kompatibel dengan GPU Radeon terkini yang menggunakan arsitektur Graphics Core Next (GCN), yaitu mulai seri Radeon 7000 ke atas, termasuk seri R7 dan R9 yang baru.

Mantle sendiri bukanlah standar terbuka seperti OpenCL atau OpenGL, dalam artian penggunaannya terbatas hanya untuk GPU buatan AMD saja. Dukungan game turut diperlukan agar Mantle bisa dipakai mengakselerasi grafis. Salah satu judul yang akan segera menawarkan dukungan ini adalah Battlefield 4 dari DICE.

Pengguna GPU AMD pun masih harus menunggu sebelum bisa menikmati main game dengan Mantle. Ini karena AMD belum merilis software driver yang diperlukan. Kozak menjanjikan pihaknya akan segera melakukan hal tersebut. "Nanti, driver dan patch Mantle untuk Battlefield 4 bakal dilepas sebelum bulan Januari berakhir," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.