Mozilla Perkenalkan Smartphone Rp 300 Ribu

Kompas.com - 24/02/2014, 12:20 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Purwarupa ponsel pintar murah dari Mozilla

KOMPAS.com - Saat ini bukan hal aneh apabila mendapati smartphone Android berharga Rp 500 ribu-an. Nah, Mozilla selaku salah satu pemain baru di segmen ponsel pintar rupanya merasa tingkat harga tersebut masih terlalu tinggi.

Pada ajang Mobile World Congress 2014 yang tengah berlangsung di Barcelona, Spanyol, produsen ini memperkenalkan purwarupa smartphone yang harganya hanya 25 dollar AS atau tak sampai Rp 300 ribu.

Ponsel yang merupakan buah berjasama dengan produsen chip Spreadtrum asal China itu, tentu saja, menggunakan sistem operasi mobile Firefox OS besutan Mozilla sendiri.

Rencananya smartphone tersebut bakal dipasarkan di negara-negara berkembang, menyasar kalangan konsumen yang selama ini terbiasa menggunakan feature phone.

Feature phone macam seri Asha dari Nokia yang berada di antara "dumb phone" dan smartphone adalah jenis ponsel populer di negara-negara berkembang seperti Indonesia.

Meski tergolong sangat murah dan mampu menjalankan aplikasi serta mengakses internet, analis Kantar Worldpanel Carolina Milanesi mengatakan bahwa produk dari Mozilla ini belum bisa dipandang sebagai sebuah "ponsel pintar".

"Ini hanya sedikit lebih baik daripada feature phone -penggunaan utamanya tetap berkisar pada penggilan telepon dan SMS," ujar Milanesi, sebagaimana dikutip oleh BBC. Dia juga menambahkan bahwa sistem operasi Firefox OS bakal menjadi kelemahan tersendiri di tengah-tengah pesaing yang mengandalkan OS lebih canggih.

Selain ponsel murah meriah tersebut, Mozilla juga memperkenalkan model-model smartphone Firefox OS lainnya dari produsen seperti Huawei dan ZTE.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.