Kompas.com - 24/03/2014, 08:19 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Sensor detak jantung di punggung Galaxy S5 menyala merah ketika mendeteksi detak jantung lewat jari pengguna

KOMPAS.com - Sebagian penggemar gadget yang menanti kehadiran Galaxy S5 dibuat kecewa dengan perangkat itu. Pasalnya, smartphone papan atas dari Samsung ini mengusung desain yang kurang lebih serupa dengan seri sebelumnya, Galaxy S4.

Belum lagi tubuh Galaxy S5 pun tak terbalut cangkang metal seperti yang sempat dirumorkan sebelumnya, melainkan tetap dengan plastik karbonat.

Namun, di balik bentuk yang mulai membosankan itu, Samsung sebenarnya telah menerapkan sejumlah perubahan besar dan menanamkan fitur-fitur baru.

Berbeda dengan Galaxy S4 yang terkesan gimmicky dengan fitur-fitur yang kegunaannya dipertanyakan, rangkaian fitur pada Galaxy S5 lebih fungsional dan terkesan benar-benar bisa bermanfaat.

Nah, apa saja yang ditanamkan produsen elektronik Korea Selatan itu pada andalan barunya? Ikuti daftar singkat berikut ini.

1. Pendeteksi denyut nadi oik yusuf/ kompas.com

Galaxy S4 mendeteksi detak jantung lewat jari pengguna dan menampilkan hasilnya lewat aplikasi S-Health (kanan)

Samsung memberi penekanan khusus pada fungsi health monitoring Galaxy S5 melalui aplikasi S-Health 3. Untuk mendukung hal ini, ponsel tersebut turut dibekali dengan sensor pendeteksi detak jantung yang diletakkan di bagian belakang, persis di samping LED flash kamera.

Untuk menggunakannya, pengguna tinggal membuka aplikasi S-Health lalu menempatkan salah satu jari di sensor tersebut, yang akan mengeluarkan cahaya berwarna merah untuk menandai bahwa proses pendeteksian sedang berjalan.

oik yusuf/ kompas.com
Galaxy S5 bisa tersamung ke jam tangan pintar Galaxy Fit untuk fungsi health monitoring lebih jauh

Hasilnya bakal ditampilkan di layar aplikasi dalam satuan detak per menit (beat per minute/ bpm).

Galaxy S5 juga bisa tersambung dengan perangkat Galaxy Fit melalui aplikasi Gear Fit manager untuk melakukan health monitoring secara real time. Perangkat jam tangan pintar yang fungsinya mirip-mirip dengan Nike Fuel Band itu juga memiliki pedeteksi detak jantung sendiri dan bisa mengirimkan data ke Galaxy S5.

2. Pemindai sidik jari

Seperti iPhone 5S yang lebih dulu menerapkan fungsi serupa. Galaxy S5 pun datang dengan fingerprint scanner yang ditempatkan di tombol home.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.