Kompas.com - 11/04/2014, 14:28 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat


KOMPAS.com - Pertengahan 2013, PT Telkom meluncurkan paket bundling multiproduk bernama IndiHome (Indonesia Digital Home). IndiHome kini mulai tersedia dalam bentuk bundle yang menggabungkan tiga jenis layanan Telkom, yaitu sambungan internet Speedy via jaringan serat optik Fiber to the Home (FTTH), IP TV Usee TV, dan telepon rumah.

Ketiganya digabungkan dalam tiga jenis paket IndiHome (Pro, Star, dan Star Plus) yang masing-masing berisi kombinasi layanan berbeda.

Paket "Pro" menawarkan kecepatan sambungan internet hingga 5 Mbps dan gratis abodemen dan panggilan lokal telepon rumah, sementara "Star" menyediakan paket yang sama ditambah starter pack Usee TV berisi 25 channel. Adapun "Star Plus" merupakan bundle terlengkap yang turut menyertakan home automation.

Masing-masing paket memiliki pilihan upgrade kecepatan internet dari 5 Mbps menjadi 10 atau 20 Mbps dengan harga yang disesuaikan.

Soal ini, paket-paket IndiHome tersebut ditawarkan dengan biaya langganan yang terbilang kompetitif dibanding penyedia layanan sejenis di pasaran, yaitu mulai Rp 185.000 per bulan untuk bundle "Pro" hingga Rp 675 ribu per bulan untuk paket "Star Plus" dengan koneksi internet hingga 20 Mbps.

Wakil presiden humas Telkom Arif Prabowo, menjelaskan bahwa pihak Telkom memang sengaja menawarkan harga terjangkau untuk paket-paket IndiHome dengan tujuan meraup pelanggan sebanyak mungkin pada awal-awal perkenalan IndiHome.

"Kami ingin mendapatkan volume (pelanggan) lebih dulu dari pemasaran. Jika murah maka akan banyak yang pakai… kami berusaha agar harganya seterjangkau mungkin," ujar Arif ketika dihubungi Kompas Tekno, Jumat (4/4/2014).

Dengan meraih banyak pelanggan, Arif mengatakan bahwa Telkom berharap bisa menekan tarif langganan per pengguna sekaligus menutup biaya operasional di kemudian hari. Dia mengibaratkan hal tersebut dengan memakai analogi pesawat. "Kalau pesawat penuh, harga tiketnya bisa murah. Sebaliknya, kalau okupansi rendah akan jadi mahal untuk menutupi ongkos."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.