Mobil Tanpa Sopir Google Diuji di Jalan Umum

Kompas.com - 29/04/2014, 11:16 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Setelah melakukan penelitian dan pengembangan atas teknologi mobil yang bisa berjalan tanpa sopir, Google akhirnya mulai menguji mobil tersebut di wilayah perkotaan yang padat kendaraan dan aktivitas warga.

Dalam sebuah publikasi di blog resmi perusahaan, Google mengumumkan bahwa mobil itu telah diuji di jalan-jalan raya Mountain View, California, Amerika Serikat.

Untuk dapat berjalan sendiri dan mendeteksi mobil lain di sekitarnya, mobil itu mengandalkan kamera video, sensor radar, laser, peta digital, dan kumpulan basis data dari mobil yang digerakan secara manual untuk membantu navigasi.

"Kami telah memperbaiki peranti lunak kami sehingga dapat mendeteksi ratusan obyek bergerak yang berbeda secara bersamaan, mulai dari pejalan kaki, bus, tanda berhenti di simpang jalan, atau pengendara sepeda," kata Chris Urmson, direktur proyek mobil tanpa sopir di Google.

Sejak dikembangkan tahun 2009, mobil tanpa sopir dari Google telah menempuh jarak 1,1 juta km. Perusahaan berkata "masih banyak masalah yang harus dipecahkan" atas proyek ini.

Selain Google, produsen mobil lain seperti Nissan, Mercedes-Benz Volkswagen, Audi, dan Toyota, juga menguji teknologi mobil yang berjalan tanpa sopir. Nissan dan Mercedes-Benz rencananya mulai menjual mobil itu pada tahun 2020.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.