Kamera Sony Punya Jendela Bidik "Tersembunyi"

Kompas.com - 18/05/2014, 10:02 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com - Generasi ketiga dari seri kamera saku populer RX100 telah diluncurkan oleh pembuatnya, Sony. Kamera saku bernama lengkap Sony RX100 Mark III ini dibekali sejumlah fitur baru.

Di antaranya sebuah jendela bidik elektronik yang tersembunyi di dalam bodi kamera dan bisa dimunculkan dengan menekan sebuah tuas (pop-up), mirip mekanisme pelepasan flash pada sebagian kamera.

Sebagaimana dilansir oleh PetaPixel, jendela bidik atau electronic viewfinder (EVF) yang tersimpan di sisi kiri kanan atas kamera tersebut datang dari jenis "Tru Finder" 1,4 M OLED. Namun keberadaan EVF ini menghilangkan hotshoe yang disertakan pada RX100 Mark II.

Fitur baru lainnya termasuk lensa Zeiss 24-70mm (dalam format 35mm) f/1.8-2.8 yang memiliki bukaan lebih lebar dari kamera generasi sebelumnya.

Namun sensor yang diletakkan di belakang lensa itu tetap sama, yaitu unit CMOS 20 megapixel berukuran 1 inci yang juga terpasang pada produk terdahulu.

RX100 Mark III kini juga dibekali dengan prosesor Bionz X seperti yang terdapat pada seri kamera mirrorless full-frame Sony A7.

Selain melalui EVF, pengguna juga bisa membidik gambar lewat layar LCD 3 inci yang bisa ditekuk ke atas dan ke bawah (tilting screen).

Kecanggihan RX100 Mark III mesti ditebus dengan harga mahal. Kamera ini dibanderol 800 dollar AS atau sekitar Rp 9,2 juta. RX100 Mark III dijadwalkan mulai tersedia di pasaran mulai bulan Juni mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber PetaPixel


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.