Kompas.com - 26/05/2014, 08:04 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Cetakan-cetakan batik cap aneka pola menghiasi logo Google di kantornya di Indonesia

KOMPAS.com - Iklan adalah bisnis utama bagi Google. Di masa depan, raksasa mesin pencari tersebut tak hanya menampilkan iklan di komputer pribadi ataupun perangkat mobile, namun mereka juga merambah perangkat "pintar" lain.

"Beberapa tahun dari sekarang, kami dan perusahaan-perusahaan lain bisa menyalurkan iklan dan konten lain di kulkas, dashboard mobil, termostat, kacamata, dan jam tangan," tulis Google dalam sebuah surat yang dilayangkan ke Securities and Exchange Commission (SEC), badan pemerintah AS yang mengatur pasar modal, sebagaimana dikutip Business Insider.

Surat itu ditujukan sebagai jawaban atas pertanyaan SEC mengenai keengganan Google memberitahukan pendapatan dari bisnis mobile kepada investor.

Google beralasan arus pemasukan dari mobile sulit dijabarkan karena definisi "mobile" akan terus berubah seiring dengan semakin banyaknya jenis perangkat pintar baru.

"Kami memperkirakan bahwa pengguna akan menggunakan layanan dan melihat iklan kami lewat perangkat yang lebih beragam di masa depan, maka sistem iklan kami akan semakin tidak bergantung pada jenis perangkat," lanjut Google.

Google menampik kemungkinan penayangan iklan lewat perangkat bikinan Nest Labs, perusahaan rintisan (startup) pembuat termostat pintar dan pendeteksi asap yang diakuisisi Google senilai 3,2 miliar dollar AS awal tahun ini.

"Nest… tidak memiliki model bisnis berbasis iklan dan tak berencana melangkah ke arah itu," tulis Google.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.