Kompas.com - 28/05/2014, 09:45 WIB
Mobil pintar rancangan Google GoogleMobil pintar rancangan Google
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com -Google sudah pernah membuat mobil "otomatis" dari kendaraan yang telah ada, seperti Toyota Prius. Hari Rabu (28/5/2015) ini, raksasa internet itu melangkah lebih jauh dengan mengumumkan rencana pengembangan mobil bikinan sendiri yang sedari awal dirancang agar bisa menyetir tanpa butuh sopir.

Sebagaimana dikutip oleh The Verge dari laman blog resmi Google,  purwarupa mobil otomatis tersebut sudah dibuat dalam bentuk kendaraan yang bisa memuat dua orang penumpang.

Namanya mobil yang bisa "nyetir" sendiri, kendaraan bikinan Google ini tentu tak butuh roda kemudi. Maka komponen itu pun dihilangkan, berikut pedal gas dan rem yang sama-sama absen.

"Sensor dan software kami yang akan menggantikan (peran pengemudi)", tulis Google dalam penjelasan di laman blog bersangkutan, sambil menambahkan bahwa mobil otomatis itu dijamin "aman". Kecepatan maksimumnya dibatasi hanya 25 mil per jam.

Google berencana membuat sekitar 100 unit prototipe mobil otomatis ini untuk keperluan pengujian sekitar pertengahan tahun 2014. Kalau semua berjalan lancar, dalam beberapa tahun ke depan sebuah proyek awal akan mulai diterapkan di California, AS, sembari merangkul lebih banyak rekanan untuk keperluan pengembangan si mobil pintar.

Seperti apa mobil canggih bikinan Google tersebut? Simak sosoknya dalam tayangan video di bawah ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.