Kompas.com - 28/05/2014, 12:49 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Penampilan kamera milik Paul Burgoyne setelah tenggelam di laut selama 2 tahun

KOMPAS.com — Paul Burgoyne tak pernah berpikir kamera miliknya bisa ditemukan lagi setelah tenggelam bersama kapal layar yang dikemudikannya, dua tahun lalu di perairan sekitar Vancouver Island, Kanada.

Namun, justru itu yang terjadi. Seperti dikutip dari PetaPixel, dua mahasiswa dari Bamfield Marine Sciences Centre tak sengaja menjumpai kamera Burgoyne di dasar laut ketika menyelam awal bulan ini di Aguilar Point, British Columbia.

Kondisi kamera sudah tak "keruan" dengan tubuh yang terselimuti aneka macam flora dan fauna laut setelah menghabiskan waktu lama di dasar samudra.

Pakar ekologi laut Isabelle M Côté dari Simon Fraser University menyebutkan bahwa ada setidaknya spesies makhluk hidup dari "dua kingdom dan tujuh filum" yang hidup di permukaan kamera ketika perangkat itu ditemukan. Dengan kata lain, si kamera benar-benar sudah rusak.

Isabelle M. Côté Foto yang diunggah Isabelle M. Côté untuk mencari sang pemilik kamera

Namun, tidak demikian dengan memory card berkapasitas 8 GB di kamera tersebut, yang langsung terbaca begitu coba diakses setelah dibersihkan dan dikeringkan.

Côté kemudian mengunggah foto yang diperoleh dari kamera ke Twitter dengan harapan ada yang bisa mengenali orang-orang di dalamnya.

Kartu memori kamera menyimpan dokumentasi perjalanan Burgoyne, termasuk momen-momen berharga ketika keluarganya menyebarkan abu orangtua yang telah meninggal di sebuah danau di Ontario.

Seorang penjaga pantai yang menyelamatkan Burgoyne ketika kapalnya karam melihat foto tersebut, lalu segera mengontak si empunya kamera untuk mengembalikan gambar-gambar kenangan yang sempat hilang itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber PetaPixel
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.