Kompas.com - 02/06/2014, 15:24 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Divisi peta dan lokasi Nokia akan meningkatkan kemampuan petanya, Nokia Here, dengan menambahkan fitur pemandu wisata virtual. Untuk melakukannya, Nokia dikabarkan telah mengakuisisi perusahaan Desti.

Desti adalah aplikasi perencana perjalanan (travel-planning) virtual dengan kepandaian buatan (Artificial Intelligence), yang dikembangkan dari penelitian yang sama yang menghasilkan Siri dan Nuance.

Menurut Engadget (30/5/2014), karena software Desti memiliki bahasa pemrosesan yang sama, maka ia bisa menggunakan metadata dan ulasan online dari konsumen akan suatu tujuan wisata, dan menyajikannya berdasar pada apa yang pengguna cari.

AI milik Desti bisa menumpulkan beragam konteks permintaan dari penggunanya, dan mengumpulkan rekomendasi-rekomendasi yang ada di internet untuk kemudian menyajikannya dalam bahasa yang mudah.

Pengguna kemudian bisa berkomunikasi secara verbal dengan Desti, layaknya berkomunikasi dengan Siri, asisten pribadi dalam Apple iPhone. Hanya saja, percakapan tersebut hanya terbatas dalam konteks tujuan wisata saja.

Walau demikian, Nokia belum menjelaskan lebih detil, bagaimana Nokia Here saat diintegrasikan dengan Desti.

Vice President of Search and Places Nokia, Don Zereski pun hanya memberikan sedikit bocoran, "Nokia ingin membuat kelas layanan lokasi baru yang bisa tahu siapa Anda dan apa yang Anda cari, bahkan sebelum Anda bertanya," ujarnya.

Bisa jadi, Nokia Here ke depannya akan menjadi gabungan antara Foursquare dan Google Now.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.