Apple Berani Tantang Google dan Dropbox

Kompas.com - 04/06/2014, 08:12 WIB
Seorang staf (kanan) membantu pembeli produk iPhone terbaru di Apple Store di Sydney, 20 September 2013. Apple resmi memasarkan produk terbaru iPhone 5s dan 5c ke seluruh dunia. AFP PHOTO / GREG WOODSeorang staf (kanan) membantu pembeli produk iPhone terbaru di Apple Store di Sydney, 20 September 2013. Apple resmi memasarkan produk terbaru iPhone 5s dan 5c ke seluruh dunia.
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com -- Apple meluncurkan sistem penyimpanan berbasis komputasi awan terbaru yang diberi nama iCloud Drive untuk menyaingi Google Drive dan Dropbox. Layanan baru Apple ini mirip dengan iCloud, tetapi memberikan pengalaman yang lebih untuk mengontrol file yang disimpan secara online.

iCloud Drive memiliki tampilan antarmuka yang mirip dengan Dropbox dan layanan penyimpanan file lainnya. Pengguna dapat menyortir dan mengatur file mereka sesuai kebutuhan hingga membuat folder.

Setelah dilakukan sinkronisasi, file yang tersimpan di iCloud Drive kemudian dapat diakses dari komputer Mac, serta iPhone dan iPad. Apple menyediakan ruang penyimpanan 5GB secara gratis per pengguna.

Apple memperlakukan iCloud Drive ini seperti iTunes yang tersedia untuk sistem operasi Windows. Tentu saja, Apple ingin mendapatkan untung dari platform kompetitornya itu.

Di sela acara WWDC 2014, Senin (2/6/2014), di Amerika Serikat, Apple mengumumkan struktur harga bagi pengguna yang hendak memperluas kapasitas penyimpanan di iCloud Drive. Pengguna yang berlanggan 20GB diwajibkan membayar 0,99 dollar AS per bulan, sementara berlangganan 200GB dikenakan biaya 3,99 dollar AS per bulan.

Sebagai perbandingan, saat ini Google menawarkan 15GB penyimpanan Google Drive secara gratis, lalu pengguna yang ingin kapasitas lebih dapat membayar 1,99 dollar AS per bulan untuk 100GB, 9,99 dollar AS per bulan untuk 1TB, dan 99,99 dollar AS per bulan untuk 10TB.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X