Ini Cara Apple Ungguli Google dan Microsoft

Kompas.com - 17/06/2014, 17:05 WIB
Dua papan logo lama Apple yang akan dilelang BonhamsDua papan logo lama Apple yang akan dilelang
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Mau tak mau, harus diakui bahwa model bisnis yang dianut Apple sejauh ini telah terbukti sebagai strategi yang jitu. Apple berhasil meraup keutungan besar dan membuat konsumennya loyal. Apa sih rahasianya?

Menurut pengamat teknologi John Gruber, ada satu alasan utama Apple masih mampu memiliki keunggulan besar dibandingkan kompetitornya.

Hal itu tak lain bisa dilakukan Apple sebab perusahaan mampu mengontrol setiap aspek produk-produknya, mulai dari hardware hingga software.

Dikutip dari BGR (16/6/2014), Gruber mengatakan bahwa tak seperti Microsoft dan Google, Apple tidak terlalu menggantungkan diri kepada vendor pihak ketiga untuk memasarkan softwarenya di pasar.

"Microsoft dan Google memang memiliki pasar yang besar, namun keduanya tidak memiliki kontrol terhadap perangkat-perangkat yang menjalankan platformnya," ujar Gruber.

Di sisi lain, Samsung dan Amazon dianggap Gruber mampu mengontrol perangkat-perangkat mereka, namun keduanya tidak bisa mengontrol OS di tingkat paling dasar.

Sementara Google dan Microsoft tidak bisa memaksa OEM untuk membuat perangkat atau komputer yang lebih baik lagi. Atau, meminta mereka untuk tidak menambahkan add-on lain yang sebenarnya tidak perlu.

Microsoft dan Google sebenarnya sudah berupaya untuk meningkatkan standar mutu perangkat-perangkatnya. Microsoft telah membuat hardware sendiri dengan lini tablet Surface-nya, sementara Google memiliki program Android Silver.

Namun, usaha keduanya tersebut lagi-lagi tidak bisa memberikan kendali penuh atas perangkat-perangkatnya. Berbeda dengan yang bisa dilakukan oleh Apple pada iPhone dan iPad-nya.

Apple, karena memiliki kontrol penuh, bisa secara bebas mengutak-atik perangkatnya sesuai keinginan. Satu hal yang sejauh ini belum bisa dimiliki Google dan Microsoft lewat Android dan Windows Phone-nya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BGR

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.