Kompas.com - 30/06/2014, 11:48 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Microsoft berencana menambahkan fitur Folder dalam antarmuka sistem operasi Windows Phone. Folder ini bisa digunakan untuk menyimpan shortcut aplikasi atau file-file lain dalam smartphone.

Selama ini, Microsoft memilih langkah yang berbeda dari OS Android atau iOS yang menyediakan fitur Folder dalam sistem antarmukanya. Alih-alih, Microsoft lebih memilih antarmuka "Metro-style" di mana aplikasi bisa bebas diletakkan dimana saja.

Namun, nampaknya hal itu akan berubah. Dalam sebuah postingan blog, Microsoft memperkenalkan cara bagaimana membuat folder di layar utama Windows Phone.

Sayangnya, postingan blog tersebut sudah dihapus, namun Anda bisa melihat postingan tersebut dari web cached yang didapat sebelumnya, dengan mengunjungi tautan berikut ini.

Dengan folder ini, Microsoft berharap penggunanya bisa lebih mengorganisir aplikasi-aplikasi yang mereka miliki. Misalnya, pengguna bisa menyatukan semua aplikasi game dalam satu folder, atau untuk jenis aplikasi lain. Folder tersebut juga bisa diubah nama dan ukurannya, serta letaknya bisa dipindah-pindah. 

Nampaknya, fitur folder ini akan diperkenalkan Microsoft melalui update terbaru sistem operasi Windows Phone 8.1 yang akan dirilis pada sekitar bulan Juli-Agustus nanti.

Menurut The Verge (29/6/2014), saat ini Microsoft telah dalam tahap final dalam menguji update pertama untuk sistem operasi Windows Phone 8.1.

Fitur folder dalam Windows Phone 8.1 memiliki fungsi yang sama dengan fitur yang menyerupai folder yang dibawa oleh Nokia untuk sistem operasi Windows Phone 8 awal tahun lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.