Kompas.com - 16/07/2014, 14:38 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Google mengatakan sensornya sangat kecil dan tampak seperti bubuk berkilauan.

KOMPAS.com - Setelah kacamata pintar, lensa kontak pintar yang pengembangannya diumumkan oleh Google pada awal tahun ini akan menyusul hadir.

Perangkat yang dipasang di depan pupil mata tersebut dijadwalkan sudah siap untuk keperluan komersil dalam jangka lima tahun ke depan setelah Google menjalin kerjasama dengan perusahaan farmasi Novartis.

Sebagaimana dilaporkan oleh ArsTechnica, Novartis yang merupakan salah satu perusahaan farmasi terbesar di dunia itu bakal memproduksi lensa kontak pintar melalui divisi optik Alcon.

Divisi ini sebelumnya  telah memproduksi sejumlah brand lensa kontak seperti “Fresh Look”, “Dailies’, dan “Air Optix”.

Rencananya Google dan Novartis akan membuat beberapa jenis lensa kontak pintar.

Jenis pertama bisa memonitor kadar glukosa penggunanya lewat air mata. Hal tersebut bisa membantu penderita diabetes dalam memonitor kondisi fisik.

Lensa kontak pintar jenis kedua memiliki kemampuan “autofokus” untuk mereka yang mengalami kesulitan bepindah fokus pandangan antara obyek jarak dekat dan jarak jauh.

Novartis menyebutkan bahwa masalah fokus pengelihatan yang satu ini dialami oleh 1,7 miliar orang di seluruh dunia. Sebab itu, ketika sudah hadir nanti, chief executive Novartis Joe Jimenez menyebutkan bahwa lensa kontak pintar Google tersebut bakal menghadirkan “terobosan besar” dalam bidang perawatan mata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.