Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ralat: Video di YouTube Bukan Malaysia Airlines #MH17 melainkan An-30

Kompas.com - 18/07/2014, 23:22 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Sebuah tayangan video amatir beredar di YouTube. Dalam tayangan itu terlihat detik-detik pesawat yang diduga pesawat Malaysia Airlines MH17 jatuh di perbatasan Ukraina-Rusia pada Kamis (17/7/2014).

Video yang berdurasi 1 menit 19 detik itu memperlihatkan detik awal pesawat tersebut ditembak. Terlihat pesawat itu awalnya mengeluarkan api seperti akibat ledakan di langit.

Pesawat tampak turun dengan kecepatan tinggi dengan api yang semakin berkobar di sayap kanan pesawat. Pesawat selanjutnya turun bebas bersama dengan kobaran api dan asap yang membubung.

Belum diketahui bagaimana proses terbakarnya sayap kanan pesawat tersebut, tetapi di bagian awal video sempat terlihat dentuman keras berupa sinar yang kemudian diikuti asap putih dan kobaran api di sayap.

Berikut ini video dari YouTube tersebut:

Update: Video yang dipublikasikan di YouTube bukan detik-detik tertembaknya pesawat Malaysia Airlines MH17 melainkan pesawat Antonov An-30 milik Angkatan Udara Ukraina. Video yang sama telah tayang di Liveleak.com pada 6 Juni 2014. Penjelasan ini sekaligus ralat untuk informasi sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com