Kompas.com - 06/08/2014, 08:15 WIB
Slogan kampanye serangan cyber Anonymous terhadap Israel AnonHQSlogan kampanye serangan cyber Anonymous terhadap Israel
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Slogan kampanye serangan cyber Anonymous terhadap Israel

KOMPAS.com - Korban yang terus berjatuhan dalam konflik antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza memicu kelompok peretas Anonymous untuk ikut andil membela Palestina dengan cara menyerang situs-situs web milik Pemerintah dan perusahaan swasta Israel.

Sebagaimana dilaporkan NBCNews, serangan siber kelompok hacktivist itu mulai dilancarkan pekan lalu dan mengalami eskalasi pada Minggu (3/8/2014) hingga Senin (4/8/2014) kemarin.

Eskalasi serangan diperkirakan terjadi setelah seorang pemrotes Palestina bernama Tayeb Abu Shehada tewas oleh pasukan Israel. Shehada ditembak ketika melancarkan protes sambil mengenakan topeng Guy Fawkes yang dijadikan simbol Anonymous.

AnonymousGlobo Sebagian proses serangan yang ditayangkan @AnonymousGlobo melalui Twitter

Sejumlah situs lembaga penting seperti dinas intelijen Israel Mossad, angkatan bersenjata Israel Defense Force, Departemen Kehakiman, dan kantor Perdana Menteri menjadi korban dan sempat tumbang selama beberapa hari.

Proses serangan itu ditayangkan melalui akun @AnyonymousGlobo di Twitter, dengan tagar #FreePalestina dan #OpSaveGaza untuk menyatakan simpati pada rakyat Palestina yang menjadi korban dalam konflik tersebut.

Anonymous beberapa tahun lalu juga pernah melancarkan serangan terhadap Israel. Tak dketahui apakah @AnyonymousGlobo yang melakukan serangan siber kali ini merupakan kelompok yang sama atau bukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.