"Gelang Sehat" Jadi Incaran Penjahat Cyber?

Kompas.com - 06/08/2014, 09:10 WIB
Diagram yang menunjukkan perangkat berbasis Raspberry Pi yang digunakan dalam penelitian Symantec tentang wearable device. Symantec Diagram yang menunjukkan perangkat berbasis Raspberry Pi yang digunakan dalam penelitian Symantec tentang wearable device.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Perangkat wearable seperti gelang yang mampu melacak data gerakan ataupun aplikasi sejenis yang berjalan di smartphone ternyata bisa jadi sasaran penjahat cyber.

Hal ini dikemukakan peneliti dari perusahaan keamanan Symantec dalam blog resmi mereka. Dikatakan bahwa, dengan biaya yang relatif terjangkau seseorang bisa membuat alat yang mampu melacak informasi apa yang terpancar dari perangkat wearable di sekitarnya.

Disebutkan bahwa semua perangkat wearable bisa dilacak atau ditemukan dengan menggunakan protokol transmisi nirkabel. Salah satu yang jadi favorit adalah menggunakan Bluetooth Low Energy, untuk transmisi dan sinkronisasi data ke smartphone.

Menurut peneliti Symantec, celah ini yang bisa dimanfaatkan oleh pihak tertentu untuk mendapatkan data dari penggunanya.

Tak cukup hanya berteori, pihak Symantec mengatakan telah mengujinya dengan membuat sebuah perangkat pemindai Bluetooth portabel, menggunakan basis Raspberry Pi dan perangkat lain yang bisa dibeli dengan mudah (termasuk, adaptor Bluetooth 4.0, SD Card dan baterai).

Dikombinasikan dengan software yang tersedia bebas serta beberapa scripting tambahan, perangkat itu bisa dibuat dengan kisaran biaya 75 dollar AS.

Mereka pun membawanya berkeliling di berbagai lokasi ramai di Irlandia dan Swiss. Percobaan juga dilakukan di lokasi pertandingan olah raga besar untuk melacak para peserta. Setiap perangkat itu berjalan dengan mode pasif, hanya memindai udara mencari sinyal dari perangkat, tak pernah berusaha membuat hubungan aktif ke perangkat yang ditemukan.

Hasilnya?

1. Bisa Dilacak

Semua perangkat yang mereka temukan bisa dilacak. Beberapa perangkat bahkan bisa di-query dari jarak jauh, sehingga memungkinkan didapatkannya data seperti nomor seri,

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X