SSD AMD Radeon Dijual Mulai Rp 1,2 Juta

Kompas.com - 24/08/2014, 14:04 WIB
SSD AMD Radeon R7 AMDSSD AMD Radeon R7
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - AMD selama ini dikenal sebagai produsen chip prosesor dan kartu grafis.

Belakangan, perusahaan tersebut melebarkan sayap untuk memasuki bisnis perangkat penyimpan data melalui model-model solid state drive (SSD) di bawah merek Radeon R7.

SSD adalah media penyimpanan berbasis flash memory yang jauh lebih kencang dibandingkan hard disk konvensional.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Kompas Tekno, produk-produk SSD AMD dibuat melalui kerjasama dengan OCZ, pabrikan SSD yang dimiliki oleh Toshiba.

SSD Radeon R7 ditawarkan dalam tiga pilihan kapasitas, yakni 120 GB, 240 GB, dan 480 GB. Ketiganya memiliki kecepatan baca maksimum sebesar 550 MB per detik dan kecepatan tulis pada kisaran 500 per detik.

Controller yang dipakai untuk SSD ini adalah Barefoot 3 M00 yang mendukung enkripsi AES-256 bit. SSD Radeon menggunakan flash NAND A19 dari Toshiba dan hanya mengkonsumsi daya sebesar 2,7 watt saat beroperasi.

Untuk wilayah Indonesia, harga untuk model 120 GB dipatok pada angka Rp 1,2 juta, sementara model 240 GB dan 480 GB masing-masing dihargai Rp 2 juta dan Rp 3,5 juta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Produk-produk SSD Radeon ini diposisikan sebagai perangkat enthusiast di antara SSD seri Vector dan Vertex dari OCZ. Langkah AMD memasuki bisnis storage mengikuti pesaingnya, Intel, yang telah lebih dulu memproduksi SSD.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.