Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/09/2014, 08:34 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Ilustrasi kamera pada iPhone 6

KOMPAS.com - Duet smartphone terbaru Apple, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, kembali mengusung resolusi kamera 8 megapixel. Angka tersebut tak berubah semenjak iPhone 4 S diperkenalkan tahun 2011 lalu.

Namun, di samping resolusi yang terlihat sama selama bertahun-tahun itu, Apple sebenarnya telah menerapkan sejumlah peningkatan untuk kamera yang digunakan kedua iPhone. Berikut ini rincian singkatnya, sebagaimana dikutip dari The Verge.

Lebih kencang

Kamera iPhone 6 dan iPhone 6 Plus mempertahankan lensa f/2.2 dan ukuran pixel sensor 1,5 micron yang sama dengan kamera pada iPhone 5S. Tapi sensor “iSight” ini disebutkan merupakan jenis baru yang dibekali teknologi AF bernama “focus pixel”.

Focus pixel sebenarnya adalah teknik fokus on-sensor phase detection seperti yang umum diterapkan pada kamera mirrorless dan beberapa smartphone flagship masa kini dari produsen lain, misalnya Samsung Galaxy S5.

The Verge
Focus pixel pada kamera iPhone 6 mendeteksi jarak obyek dan mengkalkulasikan apakah lensa harus bergerak mendekat atau menjauh untuk melakukan fokus

Teknologi ini memungkinkan kamera mengetahui jarak obyek dan ke mana harus menggerakkan lensa untuk melakukan fokus. Alhasil, kecepatan fokus kamera iPhone 6 dan iPhone 6 Plus diklaim dua kali lebih kencang dibanding andalan sebelumnya, iPhone 5S.

Focus pixel juga memungkinkan kedua iPhone melakukan continuous AF, alias mengikuti pergerakan obyek sambil terus mempertahankan fokus.

Lebih stabil

iPhone 6 dibekali digital image stabilization, sedangkan teknologi “anti goyang” pada iPhone 6 Plus lebih canggih karena menerapkan mekanisme penstabil gambar langsung pada rangkaian lensa (optical image stabilization/ OIS).

The Verge
Ilustrasi mekanisme OIS pada lensa kamera iPhone 6 Plus

Teknologi ini sebenarnya bukan barang baru karena telah dipakai oleh sejumlah pabrikan smartphone lain, seperti LG G3. Namun, iPhone 6 Plus merupakan ponsel pintar pertama dari Apple yang dibekali dengan OIS.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.