Nama Domain Ditawar Rp 55 Miliar, Google Menyerah

Kompas.com - 22/09/2014, 16:33 WIB
Cetakan-cetakan batik cap aneka pola menghiasi logo Google di kantornya di Indonesia Oik Yusuf/Kompas.comCetakan-cetakan batik cap aneka pola menghiasi logo Google di kantornya di Indonesia
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Google menyerah kalah dalam perebutan tiga nama Generic Top Level Domain (TLD). Google dikalahkan situs belanja online Amazon dalam perebutan nama domain .buy (dot buy).

Seperti dikutip dari DomainNameWire, Senin (22/9/2014), untuk mengalahkan Google, Amazon rela membayar 4,588 juta dolar AS atau Rp 55 miliar untuk nama domain .buy.

ICANN sebagai organisasi yang bertanggung jawab mengatur alokasi nama domain internet memang tengah menggelar lelang empat domain baru yang paling diminati saat ini.

Empat domain tersebut adalah ".buy", ".tech", ".vip", dan domain berbahasa Mandarin yang memiliki arti "informasi".

Selain .buy, Google juga ikut berusaha mendapatkan nama domain .vip dan .tech. Lagi-lagi Google kalah bersaing.

Google dikalahkan perusahaan asal Irlandia yang menawar domain .vip dengan harga di atas 3 juta dollar dan Dot Tech LLC yang berani membayar .tech dengan harga 6,76 juta dollar AS (sekitar Rp 81 miliar).

Generic TLD adalah salah satu domain yang menduduki posisi teratas di hierarki sistem nama domain internet. Generic TLD bisa dilihat di kata terakhir di alamat sebuah situs, misalnya kata ".com" pada www.kompas.com.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X