Kompas.com - 21/11/2014, 13:47 WIB
Joe Macri, Chief Technology Officer AMD Client Division berbagi pandangannya dengan KompasTekno di sela-sela acara Future of Compute di Singapura, Jumat (21/11/2014). Reska K. Nistanto/KOMPAS.comJoe Macri, Chief Technology Officer AMD Client Division berbagi pandangannya dengan KompasTekno di sela-sela acara Future of Compute di Singapura, Jumat (21/11/2014).
|
EditorReza Wahyudi
SINGAPURA, KOMPAS.com - Pabrikan hardware AMD (Advanced Micro Device) secara resmi telah memperkenalkan prosesor Accelerated Processing Unit (APU) mobile terbaru, Carrizo dan Carrizo-L. Kedua APU baru tersebut diluncurkan AMD untuk perangkat mobile dan desktop PC All-in-One.

Perangkat seperti apa yang cocok untuk APU mobile baru milik AMD ini? Joe Macri, Chief Technology Officer AMD Client Division berbagi pandangannya dengan KompasTekno di sela-sela acara Future of Compute di Singapura, Jumat (21/11/2014).

Menurut Macri, Carrizo secara pasti tidak ditujukan untuk perangkat dengan form factor yang kecil, seperti smartphone atau phablet, melainkan untuk perangkat produktivitas dengan ukuran yang lebih besar. Macri juga menjelaskan bahwa perangkat tersebut harus memiliki pendingin aktif (dengan kipas).

"Carrizo sudah pasti bukan untuk perangkat dengan form factor kecil, ia lebih cocok untuk perangkat yang ukurannya seperti ini atau yang lebih besar," ujar Macri sembari menunjuk tablet Asus Transformers T100.

Untuk perangkat yang lebih kecil, Macri mengatakan AMD memiliki solusi mobile APU yang lain. "Perangkat (mobile) fanless (tanpa kipas pendingin) dengan ukuran di bawah 10 inci tidak sesuai untuk Carrizo, memang bisa saja dibikin, namun performanya tidak akan optimal," imbuh Macri.

Karena itu, menurutnya, perangkat-perangkat mobile dengan ukuran 10 inci ke atas lebih sesuai untuk Carrizo karena memiliki karakteristik thermal, dan konsumsi energi yang sesuai untuk tablet 10 inci ke atas yang mengandalkan produktivitas dengan solusi active cooling (dengan menggunakan kipas).

Dari jawaban yang diberikan oleh Macri, nampaknya Carrizo tidak akan digunakan dalam perangkat tablet, sehingga kecil kemungkinan melihat APU baru AMD ini di perangkat 10 inci ke bawah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"(Perangkat) fanless dengan form factor kecil, no way," begitu ujarnya.

AMD berharap dengan APU Carrizo tersebut, pabrikan hardware akan semakin mudah dalam merancang beragam produk sistem mobile untuk kalangan komersil dan konsumer.

Carrizo yang diperkenalkan AMD akan mendukung Microsoft DirectX 12, OpenCL 2.0, AMD Mantle, AMD Freesync, dan mendukung sistem operasi Microsoft masa mendatang, Windows 10.

Prosesor Carrizo  akan mengintegrasikan CPU baru dengan sandi "Excavator" dan grafis AMD Radeon pertama yang mengusung konsep Heterogeneous Systems Architecture (HSA) 1.0.

Perangkat yang akan menggunakan Carrizo diharapkan meluncur di pasaran pada pertengahan tahun 2015 mendatang.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.