Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Harga Cetak Foto Kamera Instan Ini Cuma Rp 37

Kompas.com - 21/12/2014, 08:02 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com — Pada zaman serba digital ini, foto biasanya cuma tersimpan dalam memori atau di balik layar gadget. Mencetak foto ke atas kertas jadi kegiatan yang langka, pun termasuk mahal.

Namun, seseorang bernama Michael Ciuffo membuat sebuah kamera instan yang biaya cetaknya supermurah. Kamera hitam putih buatannya bisa mencetak foto di kertas bon.

Kamera ciptaan Ciuffo bernama PrintSnap. Dia menggunakan kertas bon, yang harganya jauh lebih murah, sebagai pengganti kertas foto. Kertas bon tersebut adalah jenis thermal paper yang dapat berubah warna jika terkena panas.

Seperti dilansir KompasTekno dari Visual News, Jumat (19/12/2014), PrintSnap bisa digunakan cukup dengan memasang gulungan kertas bon ke dalam kamera dan tak perlu mengganti tinta. Hanya perlu 30 detik untuk mencetak foto dari kamera ini.

Hasil cetak kamera ini berwarna hitam-putih dalam ukuran 640 x 384 piksel atau 3x1,75 inci. Walau hasil cetaknya tak bisa dikatakan bagus, kamera ini punya kelebihan lain yang menarik. Ciuffo memperkirakan biaya cetak PrintSnap hanya 0,003 dollar AS, atau setara Rp 37 per lembarnya.

Cuffio rencananya akan memproduksi kamera ini melalui crowdfunding. Buat Anda yang tertarik soal pembuatannya, Cuffio juga membagikan proses kreatif membuat PrintSnap di link berikut: http://ch00ftech.com/2014/12/17/printsnap-instant-camera/.

Video demo kamera itu bisa dilihat di YouTube:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke