Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Laptop MacBook Air 12 Inci?

Kompas.com - 07/01/2015, 11:17 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber 9to5mac
Ilustrasi perbandingan MacBook Air 12 inci (tengah) dengan model 11 inci dan 13 inci

KOMPAS.com - Kabar tentang kedatangan laptop MacBook Air versi 12 inci makin santer terdengar. Informasi terbaru yang dilansir Kompas Tekno dari 9to5mac, Rabu (7/1/2015) menyebutkan bahwa laptop baru Apple itu bakal lebih tipis dan ringan dibanding model-model MacBook Air terdahulu.

Saking tipisnya, sumber internal yang dikutip oleh situs tersebut menjelaskan bahwa Apple akan membuang sebagian besar konektor yang selama ini umum ditemukan di MacBook Air. Tak ada lagi port USB standar, slot SD-card, dan konektor Thunderbolt.

Bahkan konektor charger MagSafe pun disinyalir akan ikut lenyap demi merampingkan ukuran tubuh MacBook Air 12 inci. Apple kabarnya bakal menggantikan semua konektor tersebut dengan port USB type-C tunggal yang mendukung transfer data, display output, dan power sekaligus.

Michael Steeber/ 9to5mac
Ilustrasi perbandingan ketebalan dan jumlah konektor MacBook Air 12 inci (kiri) dengan MacBook Air 11 inci

Bentuk fisik MacBook Air 12 inci sendiri disebut akan mirip dengan MacBook Air versi 11 inci. Untuk mempertahankan ukuran yang sama dengan versi 11 inci, Apple disebut menipiskan bingkai di sekeliling layar MacBook Air 12 inci.

Adapun resolusi layar laptop itu disebut bakal mengalami "peningkatan", tapi berapa persisnya tidak dijelaskan.

Keyboard MacBook Air 12 inci mengalami desain ulang dan tombol-tombolnya disusun agar lebih rapat. Deretan tombol itu membentang di tengah laptop hingga hampir mencapai pinggiran sisi kiri dan kanan, seperti keyboard laptop PowerBook yang diperkenalkan oleh Steve Jobs lebih dari satu dekade yang lalu.

Di atas deretan tombol keyboard terdapat sejumlah grill speaker yang merangkap sebagai lubang ventilasi untuk prosesor Intel Broadwell (Core-i generasi ke-5) yang tertanam di dalam MacBook Air 12 inci. Prosesor tersebut beroperasi dengan mengandalkan passive cooling alias tanpa kipas.

Michael Steeber/ 9to5mac
Ilustrasi keyboard dan grill speaker MacBook Air 12 inci

Semua informasi ini masih bersifat bocoran yang belum terkonfirmasi hingga Apple benar-benar mengumumkan kehadiran MacBook Air 12 inci, tapi setidaknya bisa memberikan gambaran mengenai seperti apa rupa laptop tipis itu.

MacBook Air diperkirakan bakal diperkenalkan secara resmi oleh Apple pada pertengahan 2015 mendatang, kemungkinan pada ajang tahunan WWDC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com