Ini Solusi Pandi untuk BMW dan Benny

Kompas.com - 14/01/2015, 16:14 WIB
Benny Muliawan disomasi BMW Ahmad Faizal/Kompas.comBenny Muliawan disomasi BMW
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Sudah delapan bulan Benny Muliawan resmi jadi pemilik bmw.id. Kemudian datang surat yang mengejutkan. Bayerische Motoren Werke AG (BMW), melalui kuasa hukumnya Suryomucito, mengirimkan surat somasi karena nama domain tersebut dianggap melanggar hak cipta.

Ketua Pengelola Nama Domain Indonesia (Pandi) Bidang Sosialisasi dan Komunikasi, Sigit Widodo berpendapat konflik itu wajar saja. Solusinya adalah merujuk pada aturan yang dibuat pengelola nama domain atau membawanya ke ranah hukum.

Pengelola nama domain di tingkat global maupun negara biasanya telah menyiapkan mekanisme Uniform Dispute Resolution Policy (UDRP). Di Indonesia, Pandi sendiri telah menyiapkan mekanisme Penyelesaian Perselisihan Nama Domain (PPND) sebagai pelerai pihak yang berselisih.

"Untuk domain apapun.id, ini kasus pertama. Untuk penyelesaiannya, pertama Pandi bersedia membantu melakukan mediasi. Jika mediasi gagal, kami akan menawarkan untuk menggunakan prosedur PPND," ujar Sigit kepada KompasTekno, Rabu (14/1/2014).

Dalam prosedur ini, para pihak terkait akan menunjuk panelis PPND. Panelis tersebut ditunjuk oleh sekretariat PPND berdasarkan keahlian dan profesionalisme yang dimilikinya. Merekalah yang menentukan siapa yang berhak menggunakan domain bmw.id.

Cara lain adalah dengan mengajukan tuntutan hukum ke pengadilan. "Namun jika menggunakan prosedur hukum waktunya bisa sangat lama," imbuh Sigit.

Dia mencontohkan pada kasus yang mirip. Ebay internasional pernah menggugat CV Ebay Indonesia yang menggunakan domain ebay.co.id. Kasus ini berakhir dengan kemenangan Ebay internasional di pengadilan tingkat pertama. Namun kemenangan itu diraih setelah 2-3 tahun.

Benny Muliawan sendiri menolak untuk memenuhi somasi BMW. Pria yang sehari-hari bekerja sebagai direktur perusahaan konsultan merek BNL Patent itu tidak memiliki niat mendompleng nama BMW. "Nama bmw sebagai kepanjangan nama saya, Benny Muliawan. Pengakses website juga tidak pernah menanyakan produk-produk mobil," terang Benny.

Situs tersebut, ujarnya, digunakan untuk kepentingan pribadi dan pekerjaannya sebagai konsultan HAKI. Ketika KompasTekno mengakses bmw.id, Rabu (14/1/2015) pukul 1.03 WIB, tak tampak ada tanda-tanda penggunaan. Hanya halaman polos tanpa tema dan tulisan Index of/ cgi-bin/ saja yang tampak.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X