Tinggalkan "Speedy", Peramban Chrome Bakal Ngebut

Kompas.com - 10/02/2015, 16:55 WIB
Ilustrasi GeekInsider.comIlustrasi
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi

KOMPAS.com - Kinerja peramban Chrome bakal makin ngebut di masa depan dengan disematkannya dukungan HTTP/2, versi kedua dari protokol aplikasi Hypertext Transfer Protocol (HTTP) untuk komunikasi data di World Wide Web.

Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Venture Beat, Selasa (10/2/2015), hal tersebut disampaikan oleh Google dalam sebuah posting blog berisi pengumuman yang diunggah pada awal minggu ini.

"Perubahan-perubahan utama dari HTTP/1.1 ke HTTP/2 berpusat pada peningkatan kinerja," tulis Google dalam posting blog itu.

Google juga menjelaskan bahwa dukungan HTTP/2 akan mulai digulirkan secara bertahap ke peramban Google, dimulai dari Chrome 40 yang akan dirilis pada "beberapa minggu ke depan".

Selama ini telah banyak upaya untuk meningkatkan kinerja HTTP, termasuk oleh Google sendiri dengan mengembangkan protokol SPDY (dari kata "speedy") yang meningkatkan performa browsing dengan "memaksa" enkripsi SSL untuk semua situs.

Namun, dengan hadirnya HTTP/2, Google mengatakan bahwa dukungan terhadap SPDY sudah tak lagi diperlukan dan bakal dihilangkan pada awal 2016.

"Chrome sudah mendukung SPDY sejak Chrome 6. Tapi, karena sebagian besar manfaatnya juga ada di HTTP/2, sekarang adalah waktunya mengucap selamat tinggal," tulis Google.

HTTP/2 sendiri hingga kini masih distandarisasi. Mayoritas situs di web masih menggunakan HTTP/1.1, tetapi peramban harus lebih dulu menerapkan dukungan protokol baru sebelum situs web bisa menggunakannya.

Sejumlah browser terkenal lainnya, termasuk Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox dan Apple Safari telah menerapkan dukungan SPDY. Seperti Google, mereka diprediksi bakal meninggalkan SPDY untuk beralih ke HTTP/2.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X