Kompas.com - 17/02/2015, 15:15 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi chip Samsung Exynos 7

KOMPAS.com - Samsung mengumumkan dimulainya produksi Exynos 7, prosesor 64-bit dengan delapan buah inti (octa core) yang diduga kuat bakal muncul di smartphone andalan baru Samsung, Galaxy S6.

Exynos 7 diproduksi massal dengan teknologi fabrikasi FinFET 14nm yang diklaim bisa menghasilkan peningkatan kinerja hingga 20 persen.

Sementara, konsumsi daya disebutkan bisa turun sebesar 35 persen dibanding teknologi 20 nm yang dipakai pada chip mobile terdahulu seperti Snapdragon 810 besutan Qualcomm.

"Teknologi FinFET 14nm Samsung adalah yang proses logic yang paling canggih di dunia," sebut Gabsoo Han, wakil presiden penjualan dan pemasaran Samsung Electronics, dalam berita Samsung Tomorrow yang dirangkum oleh Kompas Tekno, Senin (16/2/2015).

Samsung sudah mengembangkan teknologi FinFET sejak tahun 2003. Teknologi berbasis struktur transistor tiga dimensi dipercaya dapat memberikan keunggulan di industri bagi pabrikan asal Korea Selatan itu.

Samsung menyebutkan bahwa teknologi FinFET 14 nm pertama-tama akan diterapkan pada Exynos 7 sebelum mulai dikembngkan ke produk chip lain pada tahun ini.

Samsung Galaxy S6 yang kabarnya bakal menjadi platform perdana dari Exynos 7 diprediksi bakal meluncur resmi dalam gelaran MWC 2015 di Barcelona, Spanyol, 1 Maret mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.