Kompas.com - 24/02/2015, 08:05 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Bersamaan dengan diluncurkannya sistem operasi BlackBerry versi 10.3.1, fitur Blend akhirnya sudah bisa digunakan. Layanan berbentuk aplikasi ini bisa mengintegrasikan ponsel BlackBerry dengan aneka perangkat lain, termasuk tablet Android, iPad, serta komputer berbasis Windows dan Mac.

Dengan program ini, pengguna perangkat BlackBerry 10 bisa mengakses aneka fungsi messaging perangkat, seperti SMS dan BlackBerry Messenger (BBM), melalui komputer atau tablet. Penerimaan dan pengiriman pesan BBM pun bisa dilakukan lewat desktop.

Lantas, bagaimanakah cara untuk menggunakan fitur tersebut di perangkat komputer? Pertama, pengguna diharuskan untuk meng-install aplikasi Blend untuk platform PC. Software itu sendiri tersedia secara gratis dan bisa diunduh langsung melalui tautan berikut ini. Untuk versi Mac, silakan kunjungi tautan yang satu ini.

Besaran file instalasi Blend untuk komputer ini sendiri cukup besar, yakni 153 megabyte. Sementara itu, untuk Blend versi Mac, file instalasinya sebesar 122 megabyte.

Setelah diunduh dan di-install, pengguna sebenarnya bisa langsung menghubungkan perangkat BlackBerry 10 ke perangkat PC. Akan tetapi, sebelum melakukannya, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu beberapa persyaratan mutlak agar fitur tersebut dapat digunakan.

Salah satu syaratnya, pastikan bahwa OS di perangkat BlackBerry sudah diperbarui atau di versi 10.3.1. Kemudian, perangkat tersebut harus terhubung ke internet, entah itu melalui jaringan Wi-Fi atau seluler. Selain itu, aplikasi Blend versi terbaru di perangkat BlackBerry 10 mutlak harus dimiliki.

BlackBerry Blend bisa digunakan di komputer yang menjalankan Windows 7/ Mac OS X 10.7 atau yang lebih baru.

Setelah persyaratan dipenuhi, pengguna sudah bisa langsung menghubungkan perangkat ke komputer. Ada dua cara untuk melakukan hal tersebut, menggunakan kabel USB atau jaringan seluler.

Deliusno/Kompas.com
Layar loading BlackBerry Blend
Setelah itu, pengguna harus memasukan BlackBerry ID untuk mensinkronkan atau pairing data antara perangkat BlackBerry 10 dan komputer. Setelah ID dimasukkan, pengguna akan mendapat e-mail konfirmasi.

Buka e-mail tersebut, kemudian lakukan konfirmasi melalui instruksi yang diberikan. Selanjutnya, pengguna sudah bisa login dan menggunakan langsung aplikasi Blend di perangkat komputer.

Deliusno/Kompas.com
Pengguna bisa mengakses beberapa fitur saat menggunakan aplikasi ini
Fitur Blend sendiri diperkenalkan untuk pertama kalinya pada September 2014 lalu. Selain dapat digunakan untuk berkirim pesan dari desktop, aplikasi Blend juga masih memiliki fungsi lain.

Pengguna bisa melihat daftar kontak, e-mail, dan jadwal yang ada di perangkat ponsel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.