Begini Penampakan Xiaomi Mi4 Pakai Windows 10

Kompas.com - 20/03/2015, 17:01 WIB
Xiami Mi4 menggunakan Windows 10 winbeta.orgXiami Mi4 menggunakan Windows 10
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Microsoft membuat sebuah eksperimen kejutan. Raksasa piranti lunak itu menguji sistem operasi Windows 10 di smartphone Android.

Mereka menyematkan Windows 10 tersebut ke dalam ROM (read only memory) yang digunakan oleh perangkat Android Xiaomi. Hasilnya, uji coba yang menggunakan smartphone Xiaomi Mi 4 itu berhasil.

Kabar tentang Xiaomi Mi 4 yang mengadopsi Windows 10 itu pun tersiar. Setidaknya, seperti dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (20/3/2015), empat bocoran foto berikut ini beredar dan menunjukkan hasil uji coba itu.

Foto pertama menampilkan layar Xiaomi Mi 4 berhasil menampilkan layar pembuka Windows 10. Kemudian pada foto kedua tampak laman media sosial dan sebuah video musik yang sedang diputar.

Phone Arena
Xiaomi Mi4 menggunakan sistem operasi Windows
Foto ketiga menunjukkan laman aplikasi yang sedang terbuka. Di situ terlihat user interface berbentuk tile yang memuat kamera, Xbox Games, video, radio FM, wallpaper, musik, serta berkas download.

Phone Arena
Xiaomi Mi4 yang menggunakan sistem operasi Windows 10
Konfirmasi Xiaomi

Xiaomi Mi 4 yang menggunakan sistem operasi Windows 10 tersebut memang benar-benar ada dan sempat disebut sebagai buah kerja sama perusahaan Tiongkok itu dengan Microsoft. Namun, akhirnya Hugo Barra, Vice President Global Xiaomi angkat bicara tentang smartphone ini.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Windows 10 ini tidak akan berjalan di atas Android atau sebagai pilihan dual-boot. Sejumlah kecil pengguna Mi 4 dari Xiaomi Forum di Tiongkok, yang memilih untuk mengambil bagian dari program ini, harus secara manual melakukan re-flash perangkat Mi 4 dengan ROM Windows 10, dengan cara yang sama seperti proses re-flash ROM Android lain," tulis pria itu dalam akun Google Plus-nya.

Barra memang menolak menyatakan ada kemitraan dengan Microsoft, tapi dia mengakui bahwa Xiaomi mendorong eksperimen terhadap hal-hal baru. Hal inilah yang menyebabkan perusahaan Tiongkok tersebut tidak menyegel fitur bootloader, cara yang digunakan MiFans untuk re-flash ROM Android.

"Itulah mengapa, Xiaomi menyambut anggota tim Microsoft untuk berinteraksi langsung dengan anggota Xiaomi Forum di Tiongkok," pungkasnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X