Kompas.com - 15/04/2015, 10:47 WIB
Candy Crush Saga King.comCandy Crush Saga
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Seorang pengguna smartphone asal California, Amerika Serikat, mengalami cedera di bagian tangan saat bermain game.

Uniknya, game yang dimainkan ternyata bukan berjenis action atau simulasi olahraga yang mengharuskan seseorang menggunakan semua jarinya secara aktif, melainkan game casual puzzle yang cenderung santai.

Diketahui, game tersebut adalah Candy Crush Saga, game populer Facebook yang juga bisa dimainkan di perangkat smartphone.

Menurut pihak dokter di Naval Medical Center, tempat berobat pria yang tidak disebutkan namanya ini, pasiennya tersebut mengalami robek di bagian tendon jempol tangan sebelah kiri.

Kasus ini sendiri dikatakan sangat unik. Pasalnya, si pasien yang dikatakan telah menginjak usia 29 tahun ini mengaku tidak merasa sakit meski sudah mengalami cedera tersebut selama beberapa waktu.

Berdasarkan hasil analisis pihak dokter, seharusnya pasien ini sudah mengalami rasa sangat sakit ketika memainkan game dengan jempolnya. Akan tetapi, saat bermain game, ada rasa kenikmatan dan rasa gembira berlebih yang membuat tubuhnya mengeluarkan obat anti-rasa sakit alami.

"Kita butuh waspada bahwa beberapa video game tertentu bisa berlaku seperti obat pencegah rasa sakit digital," kata Dr Andrew Doan, seperti KompasTekno kutip dari Livescience, Rabu (15/4/2015).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasien ini akhirnya harus memeriksakan dirinya ke dokter karena jempol tangan kirinya terasa sakit dan tidak bisa digerakkan. Pria tersebut diketahui telah bermain game Candy Crush Saga setiap saat selama 6 hingga 8 minggu berturut-turut.

Tidak ada cara lain untuk menyembuhkan si pasien ini, ia harus dioperasi untuk "memperbaiki" tendonnya yang rusak itu.

Satu catatan, terluka akibat bermain game sebenarnya sangat mudah dicegah. Pemain tidak boleh bermain sebuah game dengan berlebihan agar tidak cedera. Durasi permainan tentunya juga harus dalam batas wajar.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.