Kompas.com - 20/05/2015, 11:17 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Saat ini setidaknya ada tiga vendor smartphone yang memproduksi prosesor-nya sendiri, yaitu Apple, Huawei, dan Samsung. Vendor smartphone Tiongkok, Xiaomi nampaknya akan menambah daftar tersebut.

Dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Senin (18/5/2015), Xiaomi berencana untuk membuat prosesor sendiri yang akan dipasang di sejumlah smartphone tertentu buatannya.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, Xiaomi dikabarkan akan menggandeng Leadcore, produsen prosesor mobile asal Tiongkok.

Menurut Vice President Leadcore, Marshal Cheng, Xiaomi butuh untuk membedakan dirinya dengan smartphone-smartphone lain. Menggunakan prosesor yang dirancang sendiri adalah salah satunya.

Terlebih, Xiaomi tidak bisa terus bergantung kepada produsen prosesor besar, seperti Qualcomm dan MediaTek, karena produksi mereka sudah sangat tinggi permintaannya, sehingga kadang peluncuran produk harus ditunda karena menunggu prosesor pesanannya dibuat.

Selain itu, dengan bekerjasama dengan Leadcore, maka Xiaomi juga akan mendapatkan paten-paten teknologi yang selama ini tidak dimilikinya. Ini bisa menghindarkan Xiaomi dari tuntutan pelanggaran hak cipta.

Namun, para pengamat memprediksi akan butuh waktu lama bagi Xiaomi dan Leadcore untuk membuat prosesor dan chipset yang bisa bersaing dengan chipset kelas atas buatan kompetitornya, seperti Apple, Samsung, dan Qualcomm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.