"Password" Pemerintah AS Bocor di Internet

Kompas.com - 28/06/2015, 09:19 WIB
Ilustrasi pencurian data di Internet hackronomicon.comIlustrasi pencurian data di Internet
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Bahkan Amerika Serikat pun tak aman dari serangan hacker. E-mail dan password milik pegawai dari 47 dinas pemerintah negara adidaya itu bocor dan beredar di internet.

Berdasarkan laporan CBSNews yang dirangkum oleh KompasTekno, Jumat (26/6/2015), kebocoran itu diendus oleh perusahaan data mining Recorded Future dengan memindai 17 situs "pasting" (misalnya Pastebin) di mana hacker biasa mengungkap informasi hasil curian, selama November 2013 hingga 2014.

Hasilnya, ditemukan kombinasi alamat e-mail berikut password milik 705 pegawai dari 47 dinas pemerintah di atas.

"Kebocoran informasi ini di internet menyebabkan dinas-dinas itu rawan diserang, termasuk untuk kegiatan mata-mata dan phising," tulis Recorded Future yang didukung oleh dinas intelijen CIA dalam laporannya.

Menggunakan data password tersebut, hacker juga bisa melancarkan serangan dengan teknik brute force untuk mengakses jaringan Pemerintah AS.

Dari ke-47 dinas pemerintah, sebanyak 12 di antaranya ditemukan tidak memakai pengamanan otentikasi dua-faktor sehingga password milik pegawainya rawan dicuri.

Analis Scott Donnely dari Recorder Future menyebutkan, pihaknya sempat memperingatkan pihak-pihak di dinas terkait pada akhir tahun lalu, tetapi dia mengaku tidak direspons.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CBS News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.