Kompas.com - 03/07/2015, 11:16 WIB
Upaya penyelamatan Yunani melalui situs Indiegogo IndiegogoUpaya penyelamatan Yunani melalui situs Indiegogo
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Yunani, salah satu negara maju di belahan benua Eropa, dinyatakan bangkrut. Negara yang dikenal sebagai negeri para dewa tersebut tidak sanggup mengembalikan utang sebesar 1,6 miliar euro atau setara dengan Rp 22 triliun kepada lembaga keuangan internasional, IMF.

Sebagai bentuk simpati kepada negara Yunani, seorang warga Inggris bernama Thom Feeney mengambil sebuah langkah yang tidak terduga sebelumnya. Ia berusaha menggalang dana dari warga dunia dengan cara membuat sebuah proyek di situs crowdfunding, Indiegogo.

"Crowdfunding pendanaan bailout untuk Yunani. Oleh masyarakat, untuk masyarakat," tulis Feeney di laman proyek Indiegogo.

Total pendanaan yang diharapkan oleh Feeney dalam proyek ini sebesar 1,6 miliar euro atau sama persis dengan besaran utang Yunani ke IMF.

Meski berjumlah luar biasa besar, Feemey yakin bahwa target pendanaan itu bisa tercapai.

"Uni Eropa merupakan rumah bagi 503 juta orang, jika semua menyumbangkan beberapa euro, maka kita bisa menyelesaikan masalah Yunani dan berharap mereka bisa segera kembali ke jalur. Mudah," ujar Feeney.

Menurut pantauan KompasTekno, jumlah sumbangan yang diterima hingga saat ini telah mencapai angka 1.586.523 euro dari 91.060 penyumbang. Memang masih sangat jauh dari target, tetapi sudah dinilai cukup banyak. Waktu pendanaan sendiri tersisa empat hari lagi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi yang menyumbangkan uangnya, Feeney berjanji untuk membalasnya dengan berbagai barang. Bagi penyumbang yang menyisihkan uang sebesar 25 euro dijanjikan untuk mendapat anggur Yunani. Sementara, sumbangan terkecil, 3 euro, akan mendapatkan kartu pos yang dicetak di Yunani.

Sedangkan, apabila proyek tidak berhasil, Feeney berjanji untuk mengembalikan semua uang kepada para penyumbang.

Meski terkesan mulia, sayangnya ada satu hal yang terlewat oleh Feeney. Apabila sebuah proyek berhasil, si pembuat proyek harus memotong uang sebesar 4 persen sebagai "uang jasa" bagi Indiegogo. Itu artinya, Feeney harus mencari uang tambahan lain untuk melunasi utang Yunani.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Indiegogo

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.