Ini Dia... Fitur Memotret dalam Kondisi Minim Cahaya

Ini Dia... Fitur Memotret dalam Kondisi Minim Cahaya

Kompas.com - 23/07/2015, 13:35 WIB
Beberapa fitur dalam OPPO R7 membantu para fotografer mobile ketika memotret dalam kondisi minim cahaya. ShutterstockBeberapa fitur dalam OPPO R7 membantu para fotografer mobile ketika memotret dalam kondisi minim cahaya.
Penulis COPYWRITER
|
EditorCOPYWRITER

KOMPAS.com - Keseruan saat berwisata bersama keluarga atau teman menjadi momentum yang cocok untuk diabadikan. Kamera ponsel menjadi pilihan banyak kalangan untuk mengabadikan momentum saat berwisata. Namun, banyak para pengguna kamera ponsel tidak begitu memahami ketika memotret dalam kondisi minim cahaya.

Traveling dan fotografi merupakan aktivitas yang selalu berkaitan satu sama lain. Selain menikmati suasana berwisata, mengabadikan momen dengan kamera menjadi kegiatan seru yang bisa dilakukan. Tapi, perhatikan juga kualitas kamera ponsel yang digunakan agar bisa menghasilkan gambar yang berkualitas.

Teknologi fotografi pada smartphone terus mengalami perkembangan, sehingga memudahkan para penggunanya untuk memotret keseruan saat traveling. Oppo sebagai perusahaan teknologi asal Negeri Tirai Bambu melakukan inovasi pada produk smartphone teranyarnya, yaitu R7.

Pada ponsel R7 juga disematkan beberapa fitur yang membantu para fotografer mobile ketika memotret dalam kondisi minim cahaya. Berikut beberapa tips dan fitur yang terdapat pada Oppo R7 sehingga bisa memaksimalkan hasil foto ketika dalam kondisi minim cahaya sekalipun.

Dok. OPPO Hasil dari jepretan Oppo R7 saat kondisi minim cahaya dengan Expert Mode

Expert mode
Fitur ini bisa menjadi pilihan Anda ketika ingin memotret dengan kamera ponsel R7, khususnya ketika kondisi minim cahaya. Expert mode merupakan fitur manual untuk mengatur exposure, speed, dan iso sehingga bisa menentukan keterangan cahaya suatu objek yang akan di potret. Fungsi fitur ini sama dengan menggunakan fitur manual pada kamera DSLR.

Sebaiknya Anda perlu melakukan pengaturan beberapa hal ketika menggunakan fitur expert mode. Tentukan White Balance-nya (WB). Jika Anda ingin memotret dalam keadaan minim cahaya maka pilih Auto White Ballance (AWB), sehingga bisa menyesuaikan mood secara natural pada kondisi cahaya ruangan aslinya.

Selain itu, tentukan shutter speed yang digunakan. Anda bisa menggunakan shutter speed secara otomatis atau bisa memilih dari ¼ detik hingga 16 detik yang disesuaikan dengan kondisi cahaya pada ruangan tersebut. Selanjutnya, pilih iso antara 400 atau 800 dan tentukan juga exposure diantara +1 sampai +2 sehingga bisa memberikan bukaan cahaya lebih terang.

Slow shutter
Pada penggunaan fitur ini sebaiknya perhatikan objek yang akan di foto. Slow shutter merupakan salah satu fitur yang cocok digunakan untuk menangkap gambar saat kondisi minim cahaya. Selain itu, jika Anda menggunakan fitur ini maka bisa menghasilkan gambar layaknya memotret dengan teknik bulb atau light painting.

Fotografi light painting, akan membuka shutter dalam waktu yang cukup lama (long exposure). Caranya dengan memotret dalam kegelapan dan mengarahkan sumber cahaya yang terarah. Misalnya, lampu senter yang bisa digerakkan pada beberapa titik objek foto diam dalam rentang sepanjang shutter terbuka.

Pada fitur ini, Anda bisa menentukan shutter speed otomatis atau memilih dari ¼ detik hingga 16 detik. Dengan menentukan shutter speed yang digunakan maka memberikan waktu lamanya shutter terbuka untuk menangkap cahaya. Dengan begitu, hasil gambar yang dihasilkan dengan slow shutter akan tampak lebih terang.

Kedua fitur tersebut merupakan bagian dari teknologi Pure Image 2.0+ yang terdapat pada smartphone Oppo R7. Lensa 13 megapiksel Schneider-Kreuznach asal Jerman menjadi penyempurna pada kamera R7, bagi mereka yang tertarik pada fotografi mobile. Lensa pada kamera ponsel ini juga didukung dengan sensor Isocell sehingga meningkat hasil fokus gambar yang ditangkapnya.

Dengan demikian, momen setiap momen penting tidak akan terlewatkan untuk diabadikan walaupun dalam kondisi minim cahaya. Bagaimana, Anda tertarik untuk mencoba teknologi fotografi Oppo R7?

(Malik Afrian)

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X