Instagram Bakal Lampaui Google dan Twitter

Kompas.com - 29/07/2015, 14:19 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Instagram diprediksi lebih banyak menghasilkan uang dari iklan mobile dibandingkan dengan Google dan Twitter dalam dua tahun ke depan.

Menurut riset yang dilakukan oleh eMarketer, seperti dikutip KompasTekno dari Business Insider, Selasa (28/7/2015), Instagram berpeluang menghasilkan pemasukan sebesar 595 juta dollar AS (hampir Rp 8 triliun) dari pemasukan iklan tahun ini.

Hal tersebut didorong oleh langkah Instagram yang memungkinkan brand-brand untuk membeli iklan melalui API sehingga memperluas jangkauan iklan di Instagram ke pengguna Facebook juga.

Sebagaimana diketahui, Instagram telah dibeli oleh Facebook sejak 2013 lalu.

Selain itu, Instagram juga bisa mengembangkan jenis iklan yang dijualnya, termasuk iklan jenis "direct response".

Dengan langkah tersebut, eMarketer memprediksi pendapatan iklan Instagram bakal bisa melampaui Google dan Twitter pada tahun 2017 nanti.

"Peluncuran fitur baru dalam beberapa bulan ke depan bisa diartikan bahwa hingga akhir 2015 nanti, Instagram akan memiliki produk iklan baru bagi pengiklan besar atau kecil," ujar Debra Aho Williamson, Principal Analyst di eMarketer.

Hingga dua tahun ke depan, eMarketer memprediksi jumlah pendapatan iklan Instagram akan mencapai 2,81 miliar dollar AS, atau setara 10 persen dari pemasukan global Facebook pada tahun yang sama.

Sebagai gambaran, pendapatan Instagram tahun ini baru 3,7 persen dari total pendapatan Facebook. Angka itu akan terus tumbuh hingga 7,1 persen, atau senilai 1,48 miliar dollar AS pada tahun 2016.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.