Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/08/2015, 12:44 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Banyak kebingungan yang menyelimuti pengguna seputar sistem operasi Microsoft yang baru, Windows 10, apakah OS terbaru itu gratis, berbayar, atau gratis dalam jangka waktu tertentu saja?

Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan Microsoft menggunakan bahasa yang kaku dan susah dimengerti oleh publik.

Dikutip KompasTekno dari Forbes, Minggu (2/8/2015), bahasa yang dipakai oleh Microsoft tersebut terkesan tidak transparan, seperti yang ditampilkan di halaman pricing di situs resmi Windows 10 berikut ini.

Microsoft Upgrade Windows 10 free
Padahal, menurut Forbes, Microsoft bisa membuat kalimat yang lebih sederhana, pendek, dan mudah dimengerti.

Sebagai penegasan, perlu digarisbawahi bahwa Windows 10 disediakan oleh Microsoft secara gratis bagi konsumen yang melakukan upgrade dalam waktu satu tahun ke depan, terhitung sejak diluncurkan pada 29 Juli lalu.

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa pengguna yang melakukan upgrade dari Windows 7, Windows 8.1 dan Windows Phone 8.1 ke Windows 10 dalam masa satu tahun ke depan (hingga 29 Juli 2016), mereka bisa memiliki salinan Windows 10 yang asli secara gratis selamanya.

Lalu apa yang terjadi setelah masa satu tahun itu lewat?

Terry Myerson, Vice President of Operating Systems Microsoft menulis dalam blog resmi Microsoft dengan bahasa yang lebih mudah dipahami.

"Kami mengumumkan upgrade gratis Windows 10 bakal tersedia bagi konsumen yang menjalankan Windows 7, Windows 8.1 dan Windows Phone 8.1 yang meng-upgrade-nya dalam masa satu tahun setelah diluncurkan," demikian tulis Terry.

"Setelah sebuah perangkat Windows di-upgrade ke Windows 10, maka kami akan terus memberikan dukungan (update) seumur hidup kepada perangkat tersebut, secara gratis," imbuh Terry.

Dengan demikian, pengguna yang melakukan upgrade dalam jangka waktu satu tahun ini akan tetap memiliki salinan Windows 10 yang orisinil, dan tetap mendapatkan dukungan update dari Microsoft.

Sementara pengguna yang saat in belum melakukan upgrade, dan baru melakukan upgrade setelah masa satu tahun tersebut habis, nampaknya bakal dikenai biaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.