Larry Page Jelaskan soal Google Baru dan Alphabet

Kompas.com - 11/08/2015, 10:30 WIB
Salah seorang pendiri Google, Larry Page ReutersSalah seorang pendiri Google, Larry Page
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Google secara resmi memperkenalkan perusahaan barunya, Alphabet. Perusahaan tersebut akan menjadi induk dari semua yang dilakukan oleh Google.

Hal tersebut tertuang dalam surat pengumuman Google yang berisi tentang struktur operasi perusahaan yang baru, seperti dikutip KompasTekno dari blog Google, Selasa (11/8/2015).

"Perusahaan kami berjalan dengan baik. Namun, kami berpikir untuk membuatnya lebih baik dan bisa dipertanggungjawabkan. Karena itu, kami membuat perusahaan Alphabet," tulis Larry Page yang kini bertindak sebagai CEO Alphabet.

Google mengatakan bahwa perusahaan cenderung nyaman dengan melakukan hal-hal yang sama. Padahal, di industri teknologi, ide-ide revolusioner adalah pendorong untuk menjadi lebih besar. Berdiam diri saja bukan hal yang relevan lagi saat ini.

Page menjelaskan tentang Alphabet dalam blog di situs Google sebagai gabungan dari berbagai perusahaan, yang paling besar tentu saja adalah Google.

Dengan demikian, bisa dibayangkan bahwa Alphabet menjadi induk dari Google dan perusahaan-perusahaan lain yang berbeda dari Google yang fokus pada internet, seperti perusahaan yang fokus dalam hal kesehatan.

Selain itu, ada pula XLab yang berisi proyek-proyek inovatif Google, seperti mobil dengan sistem operasi Android yang bisa berjalan sendiri, drone, atau balon Google Loon.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Struktur baru ini akan memungkinkan kami untuk terus fokus mencari peluang-peluang baru dalam Google," tulis Page.

Tak lupa, Page juga memperkenalkan penggantinya di posisi CEO Google, yaitu Sundar Pichai. Penunjukan Pichai sebagai CEO baru Google menurut Page sudah tepat karena Pichai sering kali memiliki pandangan yang sama, atau bahkan lebih baik dari Page.

Di bursa saham, Page menjelaskan Alphabet Inc akan menggantikan Google Inc sebagai perusahaan publik terdaftar di bursa saham dan semua saham Google secara otomatis akan dikonversi ke dalam jumlah yang sama dengan saham Alphabet.

"Google akan sepenuhnya menjadi anak perusahaan Alphabet. Kedua sahamnya akan terus diperdagangkan di Nasdaq dengan kode emiten GOOGL dan GOOG," ujarnya.

Untuk membaca tulisan Larry Page lebih lengkap tentang Alphabet, kunjungi tautan berikut ini.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.