Kompas.com - 25/08/2015, 15:16 WIB
Ilustrasi KONTAN/BAIHAKIIlustrasi
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga jual lini iPhone dari distributor Erajaya naik 8 hingga 10 persen sejak Juli 2015. Kenaikan ini menyusul lemahnya nilai tukar rupiah ke dollar AS. 

Selain ponsel buatan Apple, perangkat-perangkat Microsoft dan BlackBerry juga dinaikkan harganya. Namun, kenaikannya tak signifikan layaknya ponsel buatan Apple.

"Kalau Microsoft dan Blackberry kan pasarnya tidak sebesar Apple. Modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak. Kenaikan bisa diperkecil dengan mengurangi promosi-promosi," kata Corporate Secretary Erajaya Swasembada, Djatmiko Wardoyo pada KompasTekno, Senin (25/8/2015).

Selain tiga merek tersebut, harga ponsel lain masih sama. Sebab, merek-merek lain sudah memiliki perusahaan rekanan (principal) di Indonesia.

"Yang lain kami beli sudah dengan rupiah. Kira-kira 80 persen. Cuma Apple, Microsoft dan BlackBerry yang langsung kami impor pakai dollar," Djatmiko menjelaskan.

Pun begitu, Erajaya belum membaca gejala penurunan angka pembelian iPhone. Djatmiko berasumsi hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh jenis pasar yang disasar Apple.

"Pasar Apple kan khusus. Mereka bisa dibilang nggak terpengaruh dengan perubahan harga," ia mengklaim.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun ke depan Djatmiko tak mau memprediksi berbagai kemungkinan. Baik untuk tren penjualan iPhone atau bisnis Erajaya secara keseluruhan.

"Industri semuanya lagi menurun. Walau distribusi dan ritel Erajaya naik 30 persen, ke depan kita belum tahu akan bagaimana kondisinya," katanya. Diketahui, awal 2015 nilai tukar rupiah ke dollar Rp 12.500. Hari ini nilai tukar sudah mencapai Rp 14.000

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.