Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2015, 12:08 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Meizu merupakan brand smartphone asal China yang sedang berusaha tumbuh di negeri sendiri dan melakukan ekspansi ke wilayah lain setelah memperoleh pendanaan sebesar 590 juta dollar AS dari Alibaba pada awal tahun ini.

Salah satu pasar yang diincar Meizu adalah Indonesia, yang sudah lebih dulu digarap oleh pabrikan-pabrikan China lainnya, seperti Lenovo, Huawei, ZTE, juga Xiaomi yang naik daun dalam waktu singkat.

Meski datang belakangan menghadapi nama-nama besar seperti disebut di atas, pihak Meizu mengaku optimis bisa turut mengambil sebagian porsi pasar smartphone Indonesia.

“Kapasitas pasar di sini masih sangat besar. Banyak pemain bukan berarti tidak ada ruang buat pemain baru kan?” ujar General Manager Meizu untuk wilayah Asia Tenggara, Ramon Kwok, saat ditemui Kompas Tekno usai acara peluncuran smartphone Meizu Pro 5 di Beijing, China, Rabu (23/9/2015).

Indonesia memang pasar smartphone terbesar di Asia Tenggara yang mencatat penjualan 14,9 juta unit smartphone di tengah tahun pertama 2015, menurut data firma riset pasar GFK yang dirilis awal September.

Angka tersebut merupakan yang terbesar dibandingkan negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand, atau Filipina.

Apalagi, tambah Kwok, sebagian konsumen ponsel di Indonesia sedang beralih dari feature phone lama ke smartphone, termasuk model-model dengan kapabilitas 4G LTE yang mulai marak berdatangan setelah ekosistem 4G LTE resmi digelar di Indonesia pada akhir tahun lalu.

“Nah, saat para konsumen beralih, mereka terbuka untuk mengeksplorasi merek-merek baru. Di sinilah kami masuk,” imbuh Kwok.

Di Indonesia, produk-produk Meizu tersedia lewat jalur online, antara lain di situs e-commerce Blibli.com dan Lazada.co.id. Impor produk dan penanganan purna jual dilakukan oleh distributor PT Bintang Cemerlang.

Pabrikan gadget dari Negeri Tirai Bambu tersebut juga sedang mengeksplorasi kemungkinan menjual produk secara offline lewat gerai-gerai ponsel di Indonesia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.