Kompas.com - 13/11/2015, 11:44 WIB
Nexus 5X istNexus 5X
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Rumor Google yang akan membuat smartphone Android sendiri kembali mencuat setelah beberapa pucuk pimpinan Google bertemu beberapa waktu lalu.

Kabarnya, dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Jumat (13/11/2015), Kepala Android yang baru, Hiroshi Lockheimer adalah salah satu petinggi Google yang ikut dalam pertemuan tersebut.

Kabar tentang Google yang ingin membuat smartphone Android-nya sendiri ini bukanlah yang pertama kali. Dahulu saat Motorola masih di bawah Google, rumor "Google Phone" juga sempat mencuat.

Google belum berkomentar perihal smartphone buatannya (first-party) itu, namun kemungkinan Google akan memproduksinya sendiri tanpa bantuan dari vendor lain (in-house).

Seperti diketahui, ponsel Nexus rancangan Google saat ini masih diproduksi oleh vendor lain, seperti Motorola, HTC, atau LG.

Selain rumor tersebut, muncul juga laporan tentang Google yang ingin membuat standarisasi komponen yang dipakai di perangkat Android.

Dengan meluncurkan smartphone buatannya sendiri, maka Google bisa mempromosikan keungulan standarisasinya itu, dan bisa memengaruhi pabrikan lain seperti HTC, Sony, dan LG untuk melakukan perubahan desain dan mendukung komponen baru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Walau Google membuat smartphone sendiri, pabrikan lain disinyalir akan tetap membuat membuat ponsel Android, layaknya prdusen PC yang tetap membuat tablet dan laptop walau Microsoft juga terjun ke bisnis hardware.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.